5 Kalimat Pembuka Presentasi Menarik yang Patut Dicoba!

5 Kalimat Pembuka Presentasi Menarik yang Patut Dicoba!

Terkini | inews | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 15:44
share

JAKARTA, iNews.id - Ketika memulai presentasi, kalimat pembuka merupakan hal yang penting. Jika kalimat pembuka tidak menarik, biasanya audiens enggan mendengarkan presentasi yang dilakukan. Tak banyak yang tahu bahwa ada kalimat pembuka presentasi menarik yang jarang digunakan.

Selain menarik minat audiens untuk menyimak dan mendengarkan, kalimat pembuka yang tepat juga bisa membuat presentasi terlihat makin hidup. Berikut rekomendasi serta contoh kalimat pembuka yang bisa Anda gunakan saat hendak melakukan presentasi.

Rekomendasi Kalimat Pembuka Presentasi Menarik

(Foto ilustrasi/Freepik)
(Foto ilustrasi/Freepik)

Menggunakan Teka Teki

Contoh pertama sebagai kalimat pembuka presentasi menarik adalah menggunakan teka teki. Ada berbagai pilihan teka teki yang bisa Anda pilih, dari teka teki yang berkaitan dengan materi atau materi lucu sebagai ice breaker.

Penggunaan teka teki akan menggugah rasa penasaran dan ingin tahu dari audiens. Bukan itu saja, pembukaan presentasi dengan teka teki juga bisa membuat penjelasan materi menjadi lebih segar.

Menggunakan Kutipan

Selain menggunakan teka teki sebagai kalimat pembuka, Anda juga bisa menggunakan kutipan sebagai pembukaan presentasi. Penggunaan kutipan akan membuat materi menjadi lebih kuat, apalagi jika kutipan diberikan oleh orang yang berpengaruh.

Pemberian kutipan harus dipertimbangkan dengan matang, usahakan memilih kutipan yang masih relevan dengan materi. Apabila tak berkaitan, menggunakan kutipan sebagai kalimat pembuka presentasi tak akan memberikan dampak apapun.

Menggunakan Pertanyaan

Kalimat pembuka presentasi menarik selanjutnya adalah menggunakan pertanyaan. Lewat pertanyaan yang tepat dan berkaitan dengan materi, audiens bisa lebih bersemangat dan fokus dengan materi yang diberikan.

Anda bisa mempersiapkan pertanyaan terlebih dahulu sebelum presentasi dilakukan. Dengan begitu, Anda tidak gugup saat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan feedback dari audiens.

Menggunakan Bahasa Inggris

Apabila menggunakan desain slide presentasi berbahasa Inggris, menggunakan kalimat pembuka dengan bahasa yang sama lebih disarankan. Tak harus menggunakan bahasa Inggris yang rumit, bisa juga menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk tanya jawab dengan audiens.

Kalimat pembuka berbahasa Inggris bisa Anda temukan di internet atau lewat buku. Apabila khawatir dengan susunan bahasa yang digunakan, bisa persiapkan dulu kalimat pembukanya sebelum presentasi.

Menggunakan Cuplikan Video Pendek

Anda bisa membuat suasana presentasi jadi lebih menarik lewat video pendek. Video yang dihadirkan bisa berupa video lucu atau video yang berkaitan dengan materi. Kalimat pembuka presentasi menarik pun tak harus secara lisan, bisa dengan video yang ditampilkan.

Melalui video, penyampaian pembukaan presentasi bisa dilakukan lebih cepat dan efektif. Anda pun hanya perlu menambahkan, menyampaikan materi, serta menimpali feedback yang diajukan oleh audiens.

Langkah-Langkah Agar Presentasi Kian Menarik

(Foto Ilustrasi/Freepik)
(Foto Ilustrasi/Freepik)

Selain membuka presentasi dengan kalimat yang menarik, sebenarnya ada cara-cara tertentu agar presentasi jadi lebih hidup dan semarak. Berikut adalah langkah-langkah yang sebaiknya Anda perhatikan.

Lakukan Persiapan Matang

Sebelum melakukan presentasi, persiapkan dulu materi yang hendak diberikan kepada audiens. Persiapan juga bisa dilakukan dengan menyiapkan peralatan penunjang untuk presentasi, seperti buku, jurnal, ponsel, maupun alat tulis.

Ajak Partisipasi Audiens

Agar audiens lebih tertarik untuk menyimak presentasi yang dilakukan, jangan ragu untuk mengajak audiens menanggapi materi yang diberikan. Tak harus dengan bertanya langsung, Anda bisa berkomunikasi dengan memberikan bahasa tubuh yang positif.

Berbicara dengan Mantap dan Jelas

Saat menggunakan kalimat pembukaan presentasi menarik yang telah disiapkan, gunakan suara yang mantap dan jelas. Cara ini akan membantu audiens menyimak materi dengan lebih mudah. Suara yang pelan dan gugup akan membuat Anda terlihat kurang percaya diri.

Penggunaan Media Visual yang Efektif

Alih-alih hanya menyampaikan materi secara lisan, presentasi akan lebih menarik apabila menggunakan slide PPT. Kehadiran slide PPT akan membuat fokus audiens tertuju kepada materi yang diberikan. Bukan itu saja, pemakaian media visual juga akan membuat audiens memahami materi secara menyeluruh.

Anda bisa mempersiapkan PPT dengan memanfaatkan layanan jasa pembuatan presentasi atau desain power point. Melalui jasa professional, Anda bisa menghadirkan media visual yang menarik selama presentasi dilakukan.

Tak hanya dengan kalimat pembukaan presentasi menarik saja, kunci kesuksesan presentasi juga terletak pada penggunaan PPT. Manfaatkan jasa pembuat PPT yang profesional, terpercaya, dan terjangkau di tautan berikut ini .

Topik Menarik