Latvia Persulit Warga Rusia Urus Izin Tinggal, Moskow: Kami Akan Balas dengan Keras!

Latvia Persulit Warga Rusia Urus Izin Tinggal, Moskow: Kami Akan Balas dengan Keras!

Terkini | inews | Kamis, 22 Agustus 2024 - 14:20
share

MOSKOW, iNews.id - Latvia memutuskan untuk memperumit proses perpanjangan izin tinggal bagi warga negara Rusia di negara Baltik itu. Moskow pun berjanji untuk menanggapi hal tersebut dengan tindakan yang keras terhadap Riga.

"Kami akan terus mengambil tindakan balasan yang keras, termasuk yang asimetris, sebagai respons terhadap kesewenang-wenangan hukum yang terjadi di Latvia," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, kepada Sputnik, Kamis (22/8/2024).

Media melaporkan bahwa otoritas Latvia telah mempersulit prosedur perpanjangan izin tinggal bagi warga negara Rusia. Kini, orang-orang dari negeri beruang merah itu diharuskan memiliki bukti pengetahuan Bahasa Latvia jika ingin tetap tinggal di negeri Baltik itu. Mereka juga harus mengisi kuesioner mengenai sikap mereka terhadap agresi militer Rusia di Ukraina pada 2022 dan aneksasi Krimea oleh Moskow pada 2014.

Zakahrova mengatakan, persyaratan undang-undang imigrasi Latvia itu bersifat diskriminatif dan bersifat Rusofobia (kebencian terhadap segala yang berbau Rusia). Diplomat perempuan itu pun mengatakan, pihak Rusia akan terus mengumpulkan bukti untuk tuntutan hukum terkait kesewenang-wenangan Latvia berdasarkan pernyataan tertulis dari warga negaranya yang menderita akibat kebijakan itu.

Topik Menarik