Puluhan Roket Hizbullah Hantam Israel Utara, Mobil-Mobil Terbakar

Puluhan Roket Hizbullah Hantam Israel Utara, Mobil-Mobil Terbakar

Terkini | inews | Minggu, 22 September 2024 - 13:09
share

BEIRUT, iNews.id - Hizbullah mengklaim telah meluncurkan puluhan roket Fadi 1 dan Fadi 2 terhadap Pangkalan Udara Ramat David, sebelah tenggara Kota Haifa. Rudal-rudal itu adalah jenis senjata baru yang belum pernah digunakan Hizbullah sebelumnya.

Hizbullah mengatakan pihaknya menembakkan rudal-rudal itu ke pangkalan militer Israel pada Minggu (22/9/2024) ini. Peluncuran massal rudal itu menyusul serangan udara Israel yang menewaskan sedikitnya 37 orang di Lebanon, termasuk salah satu pemimpin senior Hizbullah, dua hari lalu.

Menurut Euro News, belum diketahui apakah salah satu roket mengenai sasarannya. Namun, layanan medis darurat Israel melaporkan bahwa seorang pria terluka oleh rudal yang dicegat di sebuah desa di Gailea Hilir. 

Media lokal mengatakan, roket yang ditembakkan dari Lebanon itu berhasil dicegat di Haifa dan Nazareth. Militer Israel mengatakan telah memantau peluncuran sekitar sepuluh roket dari Lebanon, yang sebagian besarnya menurut mereka berhasil dicegat. 

Sementara Channel 12 Israel melaporkan, roket-roket Isreal telah menghantam pinggiran utara Haifa di Kiryat Bialik, menyebabkan mobil-mobil terbakar di jalan.Video yang beredar di media sosial menunjukkan beberapa mobil yang diparkir dilalap api di jalan.

Dalam beberapa jam terakhir, sebagian besar wilayah Israel utara menjadi sasaran penembakan oleh gerakan Hizbullah Lebanon. Menurut sistem peringatan roket Israel, sirene alarm berbunyi 11 kali Sabtu malam di berbagai wilayah di utara negara Yahudi itu. 

Setidaknya ada tiga penembakan besar tercatat. Belum ada laporan korban jiwa. Otoritas keamanan Israel telah menerapkan pembatasan pertemuan warga di seluruh daerah di utara Kota Haifa, Sabtu malam.

Sementara puluhan pesawat tempur zionis dikatakan menyerang target-target Hizbullah di

Topik Menarik