Mengenal Emergency Bag? Barang-Barang yang Wajib Dibawa untuk Hadapi Ancaman Megathrust 

Mengenal Emergency Bag? Barang-Barang yang Wajib Dibawa untuk Hadapi Ancaman Megathrust 

Terkini | inews | Rabu, 21 Agustus 2024 - 14:33
share

JAKARTA, iNews.id - Emergency bag untuk menghadapi ancaman megathrust belakangan ini menjadi sorotan. Apalagi sekarang banyak netizen yang memperlihatkan isi tas darurat.

Isu Megathrust kembali muncul dan ramai dibahas di media sosial. Megathrust adalah gempa Bumi berukuran besar yang terjadi di zona subduksi, di mana salah satu lempeng tektonik Bumi terdorong ke bawah lempengan tektonik lainnya.

Kedua lempengan saling bersentuhan dan bergerak sehingga menyebabkan penumpukan regangan melebihi gesekan antara dua lempengan. Ini yang menyebabkan gempa megathrust.

Tidak diketahui pasti kapan megathrust ini akan menimpa Indonesia. Namun, sejumlah masyarakat sudah mulai bersiap-siap menghadapi ancaman megathrust dengan mempersiapkan emergency bag.

Mengenal Emergency Bag

Emergency bag adalah tas berisi barang-barang kebutuhan rumah tangga penting yang dipersiapkan untuk keadaan darurat. Tas ini menjadi antisipasi saat bencana terjadi.

Dengan kata lain, saat bencana terjadi, kita hanya perlu membawa emergency bag ini saja. Pada umumnya, emergency bag ini terbuat dari bahan anti-air dan kuat menahan beban yang akan dibawa.

Pentingnya Memiliki Emergency Bag

Dikuti dari situs Kemenkeu, emergency bag dapat membantu dalam kondisi bencana. Karena tas darurat ini membawa sejumlah manfaat bagi masyarakat.

1. Dengan emergency bag masyarakat dapat menghemat waktu untuk mencari dan mengumpulkan peralatan yang diperlukan untuk menyelamatkan diri2. Emergency bag biasanya ringan dan mudah dibawa, sehingga masyarakat bisa bergerak dengan cepat dan efisien saat mengungsi atau menghadapi bencana
3. Tas siaga biasanya berisi sumber daya dan peralatan yang diperlukan untuk bertahan hidup sementara. Misalnya, makanan siap saji, air bersih, obat-obatan, dan pakaian cadangan.

Barang yang Wajib Dibawa untuk Hadapi Ancaman Megathrust

1. Makanan dan air: Simpan makanan siap saja tahan lama seperti kaleng, makanan kering, dan camilan. Persiapkan juga air bersih yang cukup untuk setidaknya tiga hari

2. P3K: Siapkan peralatan dasar seperti perban, plester, antiseptik, gunting, dan obat-obatan umum, termasuk obat-obatan khusus yang diperlukan anggota keluarga seperti obat resep, obat alergi, atau obat penyakit kronis.

3. Pakaian dan Pelindung: Bawa pakaian cadangan, pakaian hangat, jaket, dan mantel hujan. Selain itu, sediakan sarung tangan, topi, kacamata hitam, dan masker debu untuk melindungi tubuh, serta potensi bahaya.

4. Sumber cahaya: Siapkan sumber cahaya portable seperti senter, lampu kepala, atau lilin cadangan dengan korek api

5. Alat komunikasi: Pastikan untuk menyertakan radio bertenaga baterai atau radio hand-held yang dapat digunakan untuk menerima informasi penting dari pihak berwenang

6. Dokumen penting: Simpan salinan dokumen penting seperti identitas, paspor, kartu keluarga, ijazah, akta lahir, dan catatan medis dalam wadah kedap air atau bentuk digital

7. Lainnya: Anda juga perlu mempersiapkan pisau multi-fungsi, tali, kompas, alat pemotong kaca darurat, dan pakaian tahap air dapat berguna dalam situasi darurat tertentu

Demikain penjelasan mengenal Emergancy Bag? barang-barang yang wajib dibawa untuk hadapi ancaman megathrust. Semoga membantu!

Topik Menarik