PKS Tetap Tutup Pintu buat Anies di Pilgub Jakarta 2024: Sudah Selesai!

PKS Tetap Tutup Pintu buat Anies di Pilgub Jakarta 2024: Sudah Selesai!

Terkini | inews | Selasa, 20 Agustus 2024 - 18:21
share

JAKARTA, iNews.id - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tetap menutup pintu untuk Anies Baswedan di Pemilihan Gubernur Jakarta 2024. PKS tetap pada keputusan mendukung Ridwan Kamil-Suswono di Pilgub Jakarta 2024.

Sekretaris Jenderal PKS, Aboe Bakar Al-Habsyi menegaskan, pihaknya tidak akan mundur ke belakang.

"Sudah selesai dah urusan dalam politik itu, sudah selesai lewat. Nggak ada mundur ke belakang. Kita kan sudah mengambil keputusan politik, masa keputusan politik mundur," kata Aboe di Kabupaten Tangerang, Selasa (20/8/2024).

PKS katanya, bakal mempercayai proses dan keputusan yang sudah berjalan serta mengikuti peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Aboe Bakar menduga, putusan MK tersebut bakal membawa perubahan dalam waktu dekat untuk pencalonan kepala daerah di beberapa tempat.

"Besok dan pastinya akan terjadi sebuah perubahan yang luas dalam pencalonan, dalam waktu tinggal beberapa hari," kata Aboe.

Sebelumnya, MK mengubah aturan terkait Undang-Undang Pilkada. Partai atau gabungan partai politik peserta pemilu bisa mengajukan calon kepala daerah meski tidak punya kursi DPRD.

Putusan perkara nomor 60/PUU-XXII/2024 dibacakan dalam sidang di Gedung MK, Jakarta, Selasa (20/8/2024). MK menyatakan Pasal 40 ayat (3) UU Pilkada inkonstitusional. Berikut bunyi isi pasal yang belum diubah itu:

"Dalam hal Partai Politik atau gabungan Partai Politik mengusulkan pasangan calon menggunakan ketentuan memperoleh paling sedikit 25 (dua puluh lima persen) dari akumulasi perolehan suara sah sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ketentuan itu hanya berlaku untuk Partai Politik yang memperoleh kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah".

Berdasarkan aturan baru ini, bakal calon Pilgub Jakarta 2024 Anies Baswedan memiliki peluang untuk dimajukan. PDIP juga bisa mengajukan calon meski saat ini hanya memiliki 15 kursi di Jakarta.

Topik Menarik