Polisi New Zealand Apresiasi Upaya Satgas Damai Cartenz Bebaskan Pilot yang Disandera 1,5 Tahun

Polisi New Zealand Apresiasi Upaya Satgas Damai Cartenz Bebaskan Pilot yang Disandera 1,5 Tahun

Terkini | sorongraya.inews.id | Selasa, 24 September 2024 - 20:30
share

 

JAKARTA, iNewsSorong.id – Satgas Operasi Damai Cartenz-2024, yang dipimpin oleh Brigjen Pol. Faizal Ramadhani, menerima apresiasi dari Kepolisian Selandia Baru (New Zealand Police) atas keberhasilannya dalam membebaskan pilot Philip Mark Mehrtens, yang disandera selama 1,5 tahun oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Penghargaan tersebut diberikan secara resmi oleh Atase Kepolisian Selandia Baru dalam acara yang berlangsung di Jakarta pada Selasa, (24/ 9/2024).

Pilot Philip Mark Mehrtens telah disandera oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023 di Kabupaten Nduga, Papua. Ia akhirnya berhasil dibebaskan pada 21 September 2024 melalui pendekatan lunak (soft approach) yang diterapkan oleh Satgas Damai Cartenz-2024 dan gabungan TNI-Polri.

Brigjen Faizal Ramadhani mengungkapkan, pendekatan ini berfokus pada hubungan kekerabatan dan nilai adat di Papua untuk mengurangi potensi korban jiwa dan menjaga keselamatan semua pihak, termasuk pilot yang disandera.

"Pendekatan lunak penting dilakukan untuk meminimalisir korban jiwa, baik dari pihak aparat, masyarakat sipil, maupun untuk menjaga keselamatan Pilot Philip Mark Mehrtens," ujar Brigjen Faizal.

Senior Inspector Paul Borrell dari Kepolisian Selandia Baru menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Indonesia dan Operasi Damai Cartenz-2024 atas keberhasilan ini.

"Kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia, termasuk melalui Satgas Ops Damai Cartenz-2024 dan Gabungan TNI-Polri, yang berhasil mengembalikan Pilot Philip Mark Mehrtens kembali dengan selamat ke keluarganya," ujar Inspektur Senior Paul Borrell.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Bayu Suseno, juga menambahkan bahwa apresiasi ini mencerminkan keberhasilan pendekatan humanis yang dilakukan oleh Satgas Damai Cartenz dalam menangani krisis di Papua. Bayu menambahkan, Operasi ini terus berperan dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah tersebut dengan tetap mengedepankan pendekatan yang humanis.

“Tentu saja apresiasi ini merupakan keberhasilan dari Operasi Damai Cartenz-2024 yang berhasil membebaskan Pilot Philip Mark Mehrtens dengan selamat,” tutup Kombespol Bayu Suseno.

Keberhasilan Satgas Ops Damai Cartenz  ini menonjolkan pentingnya pendekatan yang mengedepankan nilai-nilai adat dan kekerabatan dalam situasi konflik di Papua, serta keberhasilan kerjasama internasional dalam menangani situasi sandera yang kompleks.

Topik Menarik