ISS 2024, Ratusan Mahasiswa Asing Didorong Jadi Duta Indonesia di Luar Negeri

ISS 2024, Ratusan Mahasiswa Asing Didorong Jadi Duta Indonesia di Luar Negeri

Terkini | sleman.inews.id | Selasa, 15 Oktober 2024 - 14:40
share

SOLO, iNewsSleman.id – Ratusan mahasiswa asing dari berbagai negara mengikuti kegiatan International Student Summit (ISS) 2024 di Kota Solo. Mereka diharapkan ke depan bisa menjadi duta-duta Indonesia di luar negeri.

Acara diadakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), diikuti 222 mahasiswa asing, 31 universitas dari 49 negara penerima beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB).

“Kegiatan bertujuan untuk menjalin kemitraan dengan luar negeri. Ada 114 perwakilan negara yang mengikuti kegiatan tersebut,” kata Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko usai acara Welcoming Dinner ISS 2024 di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, Senin (14/10/2024) malam.

Melalui program KNB, para mahasiswa asing tersebut diberikan perspektif mengenai Indonesia. Dengan demikian, ke depan mereka bisa menjadi duta-duta Indonesia di luar negeri.

"Kalau melihat kepentingan Indonesia di wilayah-wilayah yang kemarin suara-suara PBB-nya banyak yang miring, kami ada program master dan dokter, kalau mereka bagus bisa menjadi duta bangsa. Insya Allah dalam 5 tahun mereka sudah bisa bicara yang baik tentang Indonesia," katanya.

 

Untuk itu, pihaknya mengapresiasi kegiatan ini. Terlebih keberadaannya juga telah direncanakan sejak lama. Dia juga berharap ketika presiden terpilih Prabowo Subianto ke depan bisa berdiri di PBB, maka sudah banyak dukungan dari anak-anak tersebut.

Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif., M.Si mengatakan, ISS ini merupakan salah satu kegiatan untuk memperkuat reputasi UMS yang baru-baru ini masuk THE WUR 2025.

“UMS yang masuk rangking kedua jajaran Perguruan Tinggi Negeri (PTN)/Perguruan Tinggi Swasta (UMS), kemudian kalau dikerucutkan UMS menjadi Perguruan Tinggi Swasta terbaik dan Perguruan Tinggi Islam terbaik,” ujar Sofyan Anif.

Dengan adanya mahasiswa dari berbagai negara ke UMS untuk bertemu dengan daerah lain di seluruh Indonesia, maka bisa menunjukkan keindahan kampus ini.

Topik Menarik