Unik dan Humanis, Cara Sat Lantas Polres Grobogan Edukasi Masyarakat di Operasi Zebra Candi 2024

Unik dan Humanis, Cara Sat Lantas Polres Grobogan Edukasi Masyarakat di Operasi Zebra Candi 2024

Terkini | muria.inews.id | Selasa, 15 Oktober 2024 - 09:10
share

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Cara unik dan menarik serta tetap humanis ditempuh Sat Lantas Polres Grobogan dalam melaksanakan Operasi Zebra Candi 2024 di hari kedua, Selasa (15/10/2024) pagi.

Tak sekadar penindakan, dalam kegiatan yang dilaksanakan Sat Lantas, UPPD Grobogan dan Jasa Raharja, petugas juga memberikan hadiah menarik untuk pengguna yang tertib berlalu lintas. 

Seperti yang dilaksanakan di Simpang Lima Purwodadi, petugas mengarahkan pengendara sepeda motor untuk masuk ke lingkungan Kantor Samsat. Satu persatu kelengkapan kendaraan dicek petugas.

Operasi Zebra Candi 2024 yang dipimpin Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono tersebut, juga disertai sosialisasi mengenai tertib berlalu lintas kepada pengendara.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat lebih memahami pentingnya keselamatan berlalu lintas dan mematuhi peraturan yang ada,” jelas Kasat Lantas AKP Tedjo Suwono.


Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono memeriksa kelengkapan surat dalam Operasi Zebra Candi 2024, Selasa (15/10/2024). (dok Polres Grobogan)

 

Pengendara diberikan pamflet tentang pentingnya penggunaan helm standar, sabuk pengaman dan tidak menggunakan ponsel saat berkendara demi keselamatan bersama di jalan raya.

Anggota Sat Lantas mengecek kelengkapan surat seperti SIM dan STNK. Tak lupa mereka juga mengingatkan tentang tertib berlalu lintas dengan menyertakan petugas berpakaian boneka polisi.

Ketika ada anak kecil yang mengenakan helm ketika membonceng ayahnya saat hendak berangkat sekolah, anggota Polwan pun tak segan mengancingkan pengait helm yang belum terpasang.

Tak cukup sampai di situ, anak-anak yang tertib berlalu lintas dengan mengenakan hel saat membonceng orang tuanya berangkat ke sekolah mendapat hadiah cokelat.

“Iya sengaja kami berikan hadiah untuk yang tertib berlalu lintas berupa cokelat dan ada juga boneka untuk anak-anak,” ujar AKP Tejo Suwono.


Hadiah cokelat untuk pengendara atau pembonceng yang tertib berlalu lintas. (dok Polres Grobogan)

 

Salah satu pelajar, Eva Indri mengaku sempat terkejut ketika dihentikan oleh anggota Sat Lantas. Namun karena surat-surat lengkap baik SIM maupun STNK, ia mengaku tidak masalah.

“Iya sempat terkejut juga, namun ketika surat-surat lengkap, eh malah diberi hadiah cokelat oleh anggota Sat Lantas Polres Grobogan,” katanya.

Menurut Kasat Lantas Polres Grobogan, tujuan kegiatan itu untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka pelanggaran dan laka lantas, serta meminimalisir fatalitas korban kecelakaan. 

“Operasi Zebra Candi 2024 ini tidak hanya fokus pada penindakan, tetapi juga pada upaya preventif dan edukatif. Kami mengajak masyarakat untuk lebih peduli dan tertib berlalu lintas,” tambah AKP Tejo Suwono. (*)

Topik Menarik