Ada-Ada Saja! Pilot Kurung Kopilot Perempuan di Toilet Selama Terbang gegara Cekcok

Ada-Ada Saja! Pilot Kurung Kopilot Perempuan di Toilet Selama Terbang gegara Cekcok

Terkini | inews | Selasa, 15 Oktober 2024 - 14:25
share

KOLOMBO, iNews.id - Seorang pilot maskapai Srilankan Airlines nekat mengunci kopilot di toilet pesawat setelah keduanya terlibat cekcok. Penyebabnya, sang pilot kesal karena kopilot meninggalkan bangku untuk pergi ke toilet tanpa seizinnya. 

Insiden di pesawat Airbus A330 itu terjadi dalam penerbangan dari Sydney, Australia, menuju Kolombo. 

Usai kejadian itu, Srilankan Airlines langsung bertindak dengan menonakftifkan sang pilot. Sementara itu Otoritas Penerbangan Sipil (CAA) memnggelar penyelidikan.

"Maskapai bekerja sama sepenuhnya dengan otoritas terkait dan kapten dilarang terbang sambil menunggu hasil penyelidikan," bunyi pernyataan SriLankan Airlines, dikutip dari Asso, Selasa (15/10/2024).

Sementara itu seorang sumber maskapai menjelaskan, pilot kesal terhadap kopilot perempuan itu karena tak menunjuk kru pengganti sementara untuk menemaninya di kokpit sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Sementara itu kru kabin sudah membujuk kapten untuk membuka toilet agar kopilot bisa kembali bekerja. Meski demikian, pesawat mendarat di Sydney tanpa sang kopilot di kursinya.

Srilankan Airlines didera masalah keuangan yang berdampak pada peremajaan armada. Selain itu maskapai mengalami kekurangan kru teknis yang berdampak delay penerbangan yang parah. Beberapa unit pesawat Srilankan Airlines bahkan dikenakan larangan terbang.

Pemerintahan Sri Lanka lintas generasi sudah berusaha menjual maskapai yang mempekerjakan 6.000 staf tersebut, namun sepi peminat.

Topik Menarik