Sekolah Ilmu Lingkungan UI Bersama Cikarang Listrindo Kolaborasi Kurangi Emisi Karbon

Sekolah Ilmu Lingkungan UI Bersama Cikarang Listrindo Kolaborasi Kurangi Emisi Karbon

Terkini | sindonews | Senin, 21 Oktober 2024 - 22:34
share

Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (UI) menjalin kerja sama dengan Cikarang Listrindo melalui program Eco Lighting Bring Happiness. Kerja sama ini merupakan upaya dalam mengurangi emisi karbon, dan ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Program ini bertujuan untuk memanfaatkan energi terbarukan sebagai sumber penerangan di daerah pesisir, tepatnya di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu 20 Oktober 2024.

Program ini melibatkan tim pengabdian masyarakat dari Sekolah Ilmu Lingkungan UI, Cikarang Listrindo, serta warga setempat. Inisiatif ini bertujuan untuk mengurangi emisi karbon, mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil, serta memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya energi baru terbarukan (EBT).

Baca juga: Transformasi Hijau Dinilai Mampu Atasi Krisis Air Bersih dan Emisi Karbon di Jakarta

Dalam kegiatan ini, tim melakukan berbagai aktivitas, mulai dari sosialisasi mengenai EBT, jenis-jenisnya, hingga keuntungan penggunaannya. Tim juga memperkenalkan cara pemanfaatan energi matahari untuk dijadikan tenaga listrik guna penerangan di malam hari. Program ini diakhiri dengan peresmian instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang digunakan untuk menerangi fasilitas umum di desa tersebut.

Ketua Manajemen Riset Inovasi Hijau di Sekolah Ilmu Lingkungan UI Ahyahudin Sodri, berharap kegiatan ini bermanfaat bagi warga salah satunya memberi penerangan terhadap warga. “Kami berharap ini menjadi awal dari kerja sama lebih lanjut untuk program penerangan dan inisiatif lainnya,” ujarnya.

Baca juga: Kendaraan Listrik Beam Mobility Efektif Tekan Emisi Karbon

Dia menambahkan program ini merupakan bagian dari upaya memanfaatkan tenaga matahari sebagai energi terbarukan yang menjadi sumber kehidupan.

“Kami memanfaatkannya untuk membawa kebahagiaan kepada warga Desa Pantai Bahagia melalui panel surya yang memberikan penerangan di malam hari,” jelasnya.

Program ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat Desa Pantai Bahagia. Mereka berharap agar program serupa dapat terus berlanjut demi kesejahteraan dan pembangunan yang lebih berkelanjutan di daerah itu.

Topik Menarik