Apakah Kekurangan Minum Air Putih Bisa Menyebabkan Batu Ginjal?

Apakah Kekurangan Minum Air Putih Bisa Menyebabkan Batu Ginjal?

Berita Utama | sindonews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 02:00
share

Kekurangan minum air putih dipercaya bisa menyebabkan batu ginjal. Dehidrasi merupakan faktor utama yang berkontribusi untuk pembentukan batu ginjal lantaran konsentrasi mineral dan garam dalam urine meningkat.

Kondisi ini menciptakan lingkungan yang meningkatkan pembentukan batu ginjal yang menyakitkan. Selain itu, saat dehidrasi, tubuh biasanya tidak memiliki cukup cairan untuk melakukan aktivitas rutin.

Kekurangan cairan dapat membahayakan ginjal dalam banyak cara. Termasuk penurunan aliran darah ginjal, urine pekat, peningkatan risiko batu ginjal, ketidakseimbangan elektrolit yang memburuk, dan cedera ginjal akut.

“Timbunan keras mineral dan garam yang menumpuk di dalam ginjal dikenal sebagai batu ginjal. Batu-batu ini hadir dalam berbagai ukuran, dari butiran pasir kecil hingga bola golf besar,” kata Konsultan Urologi, Rumah Sakit Manipal, Kharadi, Pune Dr. Ankit Sharma.

Baca Juga: Apakah Warna Urine Pekat Tanda Batu Ginjal? Ini Penjelasan Pakar Urologi

“Ketika konsentrasi urine mencapai tingkat yang tinggi, pembentukan batu dimulai. Dalam situasi seperti ini, mineral seperti kalsium, oksalat, dan asam urat mengeras dan berkerumun bersama karena air yang tidak mencukupi, yang mengakibatkan pembentukan batu,” sambungnya.

Dilansir dari Times of India, Selasa (1/10/2024), menurut Konsultan Nefrologi Rumah Sakit Manipal, Gurugram Dr. Sandeep Mandal menjelaskan bahwa ketika tubuh tidak mendapatkan cukup air, ia akan menghasilkan lebih sedikit urine dan itu juga bersifat terkonsentrasi.

“Urine terkonsentrasi ini mengandung lebih banyak mineral dan garam, seperti kalsium, oksalat, dan asam urat, yang dapat mengkristal dan membentuk batu ginjal. Apa yang dimulai sebagai kristal kecil, seiring waktu, dapat tumbuh menjadi batu yang lebih besar dan dengan demikian menimbulkan rasa sakit dan kemungkinan komplikasi yang terkait dengan batu ginjal,” ujar Dr. Sandeep.

Namun, jika Anda terhidrasi dengan baik, itu mencairkan mineral dan garam yang ada dalam urine, dan karenanya mengurangi kemungkinan pembentukan batu. Dalam hal ini, banyak dari asupan air sepanjang hari sangat penting, terutama di musim panas dan setelah aktivitas fisik.

Baca Juga: Mengenal Batu Ginjal, Penyakit yang Diidap Parto Patrio hingga Dilarikan ke Rumah Sakit

Ini akan membantu menjaga kesehatan ginjal yang tepat dan mencegah batu ginjal. Di sisi lain, fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring limbah dan zat tambahan dari darah. Tubuh menghasilkan lebih sedikit urine dan urine yang lebih terkonsentrasi saat mengalami dehidrasi.

Ada kemungkinan lebih besar bahwa urine pekat ini dapat menimbulkan proses kristalisasi, yang pada akhirnya akan menyebabkan batu ginjal. Kelelahan, merasa pusing, dan urine berwarna kuning tua adalah beberapa gejala awal dehidrasi.

Dehidrasi juga meningkatkan kemungkinan batu ginjal, yang dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, darah dalam urine, dan sering buang air kecil.

Topik Menarik