Inggris Terbelit Utang, Tertinggi dalam 60 Tahun

Inggris Terbelit Utang, Tertinggi dalam 60 Tahun

Berita Utama | sindonews | Sabtu, 21 September 2024 - 11:00
share

Utang nasional Inggris mencapai 100 dari output ekonomi tahunan negara tersebut dan berada pada level tertinggi sejak 1960-an. Menurut Kantor Statistik Nasional (ONS) pada Jumat (20/9) lalu, peminjaman pemerintah melonjak menjadi £13,7 miliar atau USD18,2 miliar (sekitar Rp273 triliun) pada bulan Agustus, yang setara dengan nilai tahunan dari total produksi ekonomi.

"Peminjaman naik lebih dari £3 miliar bulan lalu pada angka tahun 2023, dan merupakan pinjaman Agustus tertinggi ketiga yang pernah tercatat," kata Kepala Ekonom ONS Grant Fitzner seperti dilansir Russia Today, Sabtu (21/9/2024).

Baca Juga: Aturan Pajak Diubah, Orang-orang Super Tajir Inggris Ancam Bedol Desa

Menurut Kepala Sekretaris Keuangan Darren Jones, data tersebut mencerminkan keadaan keuangan publik yang mengkhawatirkan yang ditinggalkan oleh Partai Konservatif. Ia memperingatkan bahwa Partai Buruh harus membuat "keputusan sulit" untuk membangun kembali perekonomian.

"Ketika kami menjabat, kami mewarisi perekonomian yang tidak menguntungkan para pekerja. Data hari ini menunjukkan pinjaman tertinggi pada bulan Agustus yang pernah tercatat, di luar pandemi. Utang mencapai 100 dari PDB, level tertinggi sejak tahun 1960-an," cetusnya.

Utang pemerintah Inggris membengkak selama krisis keuangan global pada tahun 2008 dan kemudian meningkat lagi selama pandemi Covid-19. Pertumbuhan ekonomi yang lemah sejak saat itu juga berkontribusi terhadap peningkatan defisit.

Baca Juga: 4 Negara Mayoritas Muslim yang Dijajah Inggris

Menurut Matt Swannell, kepala penasihat ekonomi untuk EY Item Club, posisi fiskal Inggris tetap "menantang" dan dapat "memburuk lebih jauh selama sisa tahun ini.

"Pemerintah kemungkinan harus meningkatkan pengeluaran selama beberapa bulan ke depan, karena kombinasi antara penerimaan rekomendasi kenaikan gaji yang lebih tinggi dari dewan gaji sektor publik dan kelebihan biaya non-tenaga kerja di berbagai departemen pemerintah," ujarnya.

Menteri Keuangan Rachel Reeves sebelumnya memperingatkan bahwa pajak akan naik dalam anggaran Oktober – namun, mengesampingkan kenaikan tarif pajak pendapatan, perusahaan, dan pajak pertambahan nilai.

Pada bulan Agustus, Reeves mengumumkan bahwa ia akan membatalkan pembayaran bahan bakar musim dingin yang diperkenalkan oleh mantan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak di puncak krisis biaya hidup, menunda rencana reformasi perawatan sosial, dan memangkas investasi jalan raya, rel kereta api, dan rumah sakit sebagai bagian dari rencana untuk mengurangi pinjaman.

Topik Menarik