Belanda Kembalikan 288 Artefak dan Benda Budaya ke Indonesia yang Dicuri saat Penjajahan

Belanda Kembalikan 288 Artefak dan Benda Budaya ke Indonesia yang Dicuri saat Penjajahan

Berita Utama | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 11:35
share

AMSTERDAM, iNews.id - Belanda mengembalikan 288 artefak sejarah dan benda budaya milik Indonesia. Benda-benda itu dibawa secara ilegal dari Indonesia selama masa penjajahan.

Kantor pemerintah Belanda, dalam keterangan pada Jumat (20/9/20224), menyatakan artefak dan benda budaya bagian dari Koleksi Nasional akan dikembalikan atas permintaan Pemerintah Republik Indonesia.

"Artefak tersebut akan secara resmi dikembalikan ke Indonesia pada 20 September di Wereldmuseum di Amsterdam, di hadapan direktur jenderal kebudayaan Indonesia, Hilmar Farid, dan Komite Repatriasi Indonesia," bunyi pernyataan, seperti dikutip dari Anadolu, Sabtu (21/9/2024).

Di antara benda yang dikembalikan adalah empat patung Hindu-Buddha yang dibawa ke Belanda dari Jawa pada paruh pertama abad ke-19.

Selan itu 284 benda lainnya adalah senjata, koin, perhiasan, dan tekstil yang dibawa ke Belanda dari Bali Selatan pada 1906.

Komite Koleksi Kolonial menyelidiki asal-usul artefak budaya yang dibawa ke Belanda dari negara lain dan membuat rekomendasi untuk mengembalikannya sesuai dengan kebijakan nasional.

Berdasarkan rekomendasi dari komite, Belanda mengembalikan artefak sejarah yang diselundupkan tersebut. Ini merupakan pengembalian gelombang kedua setelah sebelumnya memulangkan artefak tersebut ke Indonesia pada 2023, termasuk ke Sri Lanka.

Topik Menarik