5 Fakta Menarik Spanyol vs Jerman Jelang Perempat Final Euro 2024

5 Fakta Menarik Spanyol vs Jerman Jelang Perempat Final Euro 2024

Olahraga | sindonews | Kamis, 4 Juli 2024 - 06:51
share

Spanyol vs Jerman akan menjadi partai pembuka perempat final Euro 2024. Sejumlah fakta menarik tersaji menjelang duel dua raksasa Eropa di babak delapan besar.

Pertandingan perempat final Euro 2024 antara Spanyol dan Jerman menjanjikan banyak drama dan aksi seru yang akan digelar di Stuttgart Arena, Jumat (5/7/2024) malam. Kick-off dijadwalkan pukul 23.00 WIB.

Baca Juga: Cody Gakpo Panaskan Persaingan Daftar Topskor Euro 2024

Kedua tim ini memiliki sejarah panjang dan prestasi gemilang dalam kompetisi sepak bola. Berikut SINDOnews merangkum lima fakta menarik menjelang Spanyol vs Jerman:

1. Rekor Tak Terkalahkan Spanyol

Spanyol adalah satu-satunya tim di Euro 2024 yang memiliki catatan sempurna setelah memenangkan semua pertandingan grup untuk pertama kalinya sejak 2008. Mereka memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka di kejuaraan Eropa menjadi 10 pertandingan setelah mengalahkan Georgia 4-1 di babak 16 besar. Dalam pertandingan tersebut, Rodri, Fabian Ruiz, Nico Williams, dan Dani Olmo mencetak gol untuk Spanyol, memperlihatkan performa mengesankan mereka sepanjang turnamen.

2. Jerman, Tuan Rumah yang Tangguh

Sebagai tuan rumah, Jerman memiliki dukungan penuh dari para penggemar mereka. Mereka berhasil mengalahkan Denmark 2-0 di babak 16 besar berkat gol dari Kai Havertz dan Jamal Musiala. Ini adalah pertama kalinya Jerman mencapai perempat final turnamen besar sejak Euro 2016. Jerman saat ini berada di peringkat ketiga dalam hal jumlah gol yang dicetak (10), jumlah serangan (265), dan penguasaan bola rata-rata (62).

3. Pertemuan Terakhir yang Ketat

Dalam enam pertemuan kompetitif terakhir dengan Jerman sejak 1998, Spanyol tidak pernah kalah (3 kemenangan, 3 imbang). Pertemuan terbaru mereka adalah hasil imbang 1-1 di fase grup Piala Dunia 2022. Spanyol juga mencapai kemenangan 1-0 mereka atas Jerman di final Euro 2008 dan kemenangan besar 6-0 di Liga Negara UEFA 2020.

4.Spanyol Tatap Sejarah

Meski memiliki rekor impresif melawan Jerman, Spanyol memiliki catatan buruk dalam menghadapi tim tuan rumah di babak gugur turnamen besar. Mereka belum pernah menang dalam sembilan pertandingan knockout terakhir melawan tuan rumah sejak 1934. Ini menjadi tantangan besar bagi Spanyol dalam pertandingan nanti.

5. Adu Tangkas Talenta Muda

Pertandingan antara Spanyol dan Jerman ini tidak hanya akan menjadi pertarungan taktik dan strategi, tetapi juga akan menampilkan talenta muda dan pengalaman dari kedua tim. Siapapun yang keluar sebagai pemenang, pertandingan ini dipastikan akan menjadi salah satu sorotan utama di Euro 2024.

Pelatih Spanyol, Luis de la Fuente, diperkirakan akan menurunkan pemain muda berbakat seperti Lamine Yamal dan Nico Williams akan mendampingi kapten Alvaro Morata di lini depan. Di sisi lain, pelatih Jerman, Julian Nagelsmann, mungkin akan melakukan beberapa perubahan dalam timnya, termasuk kemungkinan kembalinya Florian Wirtz ke starting XI.

Topik Menarik