Hasil Sprint MotoGP Jerman 2024: Jorge Martin Tercepat, Marc Marquez Tundukkan Vinales

Hasil Sprint MotoGP Jerman 2024: Jorge Martin Tercepat, Marc Marquez Tundukkan Vinales

Olahraga | sindonews | Sabtu, 6 Juli 2024 - 21:30
share

Balapan sprint MotoGP Jerman 2024 sebanyak 15 lap telah selesai digelar pada Sabtu (6/7/2024) malam WIB. Hasilnya, pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin, keluar sebagai pemenang.

Martin tampil mendominasi sepanjang sprint di Sirkuit Sachsenring setelah start dari posisi terdepan. Walau posisinya sempat direbut Bagnaia di lap awal, dia mampu merebutnya kembali dengan cepat. Sementara posisi kedua diamankan oleh Miguel Oliveira. Lalu Francesco Bagnaia melengkapi podium tiga besar.

Aksi luar biasa ditunjukkan Marc Marquez yang mampu finis di posisi enam walau start dari urutan 13. Dia menyalip Maverick Vinales tepat di tikungan terakhir dengan jarak yang sangat tipis di garis finis.

Jalannya Sprint

Start dari posisi keempat, Francesco Bagnaia, sukses melesat ke posisi pertama begitu balapan dimulai dan melewati Tikungan 1. Dia menyalip Jorge Martin dan Miguel Oliveira yang melebar saat menikung.

Walau terus ditempel ketat oleh Martin dan Oliveira, Pecco -sapaan Bagnaia- masih mampu mempertahankan posisinya hingga memasuki lap ketiga. Namun ketika melewati Tikungan 8, Martin akhirnya berhasil melewati sang juara bertahan. Bahkan, Oliveira turut melangkahinya di tikungan terakhir sebelum masuk ke lap keempat.

Sementara itu, Marc Marquez yang start dari urutan 13, berada di posisi sembilan pada lap keempat. Dia berada di belakang Enea Bastianini, Maverick Vinales, Raul Fernandez, Franco Morbidelli dan Brad Binder.

Tujuh lap balapan berjalan, Martinator -julukan Martin- belum tergeser dari posisi terdepan. Dia masih unggul 0,150 detik di depan Oliveira dan 0,220 detik dari Bagnaia serta Bastianini yang kian mendekati pembalap tiga besar.

Sedangkan The Baby Alien -julukan Marquez- sudah berada di posisi ketujuh. Dia masih berjarak 0,6 detik dari Vinales yang ada di depannya.

Empat lap jelang finis, Martin semakin menjauh dari kejaran Oliveira yang kini berjarak 0,933 detik di belakangnya. Di sisi lain, Bagnaia masih kesulitan untuk membalap rider Trackhouse Aprilia itu.

Di posisi tujuh, Marquez terus memangkas jarak dari Vinales yang kini hanya unggul 0,4 detik saja di depannya. Vinales sendiri tak menyerah untuk menempel Morbidelli yang berada tepat di hadapannya.

Martin benar-benar tak terkalahkan sepanjang sprint hingga rider Pramac Ducati itu akhirnya keluar sebagai pemenangnya. Dia mengasapi Oliveira dan Bagnaia yang melengkapi urutan tiga besar.

Sedangkan Marquez yang sempat terlibat aksi salip menyalip dengan Vinales di lap terakhir, pada akhirnya mampu finis di urutan keenam di belakang Morbidelli. Dia hanya unggul beberapa detik saja dari Vinales di garis finis.

Topik Menarik