Bellingham Dihukum Larangan Main tapi Boleh Tampil di Perempat Final Euro 2024, Kok Bisa?

Bellingham Dihukum Larangan Main tapi Boleh Tampil di Perempat Final Euro 2024, Kok Bisa?

Olahraga | inews | Sabtu, 6 Juli 2024 - 15:09
share

DUSSELDORF, iNews.id- Bintang Timnas Inggris, Jude Bellingham dihukum larangan bermain dari Asosiasi Sepakbola Eropa (UEFA). Namun dia tetap bisa main di perempat final Euro 2024 kontra Swiss.

Bellingham membuat gerakan memegang selangkangannya di depan bangku cadangan Slovakia setelah mencetak gol penyeimbang di menit akhir babak pertama babak 16 besar Euro 2024 pada akhir pekan lalu. Aksi tersebut membuat UEFA menyelidikinya.

Dilansir dari ESPN pada Jumat (5/7/2024), UEFA memutuskan untuk menghukum pemain Real Madrid itu dengan denda sebesar 30 ribu Euro (Rp528 juta) akibat selebrasinya itu. Selain itu, dia juga dihukum larangan bermain satu pertandingan.

Namun, hukuman larangan bermain satu pertandingan itu baru berlaku jika Bellingham mengulangi gestur ofensif lagi kapan itu selama satu tahun ke depan. Dengan begitu, pemain berusia 21 tahun tersebut tetap bisa dimainkan dalam laga perempat final Euro 2024 melawan Swiss.

Tentunya itu menjadi kabar baik bagi The Three Lions -julukan Timnas Inggris. Sebab, Bellingham sejauh ini menjadi pemain yang paling berkontribusi untuk tim asuhan Gareth Southgate itu dengan torehan dua gol dari empat pertandingan di Euro 2024.

Bellingham sendiri sebelumnya telah mengklarifikasi di media sosial setelah pertandingan bahwa tindakan itu merupakan ‘lelucon internal untuk teman-temannya’. Akan tetapi, UEFA memerintahkan badan disiplinnya untuk menyelidiki gestur tersebut dan pada akhirnya memberikan hukuman itu.

Pertandingan perempat final Euro 2024 antara Inggris dan Swiss sendiri dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (6/7/2024) pukul 23.00 WIB. Dusseldorf Arena akan menjadi saksi apakah Harry Kane dkk mampu mengatasi tim arahan Murat Yakin yang sedang naik daun di turnamen ini.

Jika menang, calon lawan mereka adalah pemenang laga antara Belanda dan Turki. Sebagai pengingat Inggris merupakan runner up Euro 2020 lalu setelah tumbang dari Italia di final.

Topik Menarik