6 Tempat Wisata di Garut yang Lagi Hits, Bisa Jadi Rekomendasi Liburan

6 Tempat Wisata di Garut yang Lagi Hits, Bisa Jadi Rekomendasi Liburan

Gaya Hidup | sindonews | Rabu, 3 Juli 2024 - 05:50
share

Beberapa tempat wisata di Garut yang akan dibahas dalam artikel ini dapat dijadikan rekomendasi untuk mengisi libur akhir pekan. Garut menjadi salah satu wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan pariwisata dan budayanya.

Tak heran jika Kota Intan ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal. Di Garut, pengunjung bakal disuguhi sejumlah tempat wisata seperti pemandian air panas, wisata alam, hingga beberapa kawah.

Tempat Wisata di Garut yang Lagi Hits

1. Karacak Valley

Instagram @karacak_valley

Baca Juga: 11 Tempat Wisata di Pangandaran yang Seru Dikunjungi, Cocok untuk Liburan Bareng Teman atau KeluargaTempat wisata di Garut yang pertama ini berlokasi di Jalan Karacak Valley Margawati, Sukanegla, Kec. Garut Kota. Tempat wisata ini menyuguhkan keindahan hutan pinus, bumi perkemahan, dan air terjun.

Harga tiket masuknya Rp10.000 per orang. Jika ingin berkemah, maka bisa menambah retribusi Rp15.000 per orang.

2. Taman Satwa Cikembulan

Instagram @tamansatwacikembulan_official

Lokasi tempat wisata ini berada di Kp. Jati Desa Cikembulan, Kadungora, Garut. Jam bukanya berlangsung setiap hari pukul 09.00–17.00 WIB.

Taman Satwa Cikembulan menyajikan beraneka ragam satwa yang dirawat dengan baik di kandang-kandang besar dan dapat dilihat langsung oleh pengunjung. Untuk harga tiket masuk anak-anak dibanderol Rp20.000 dan orang dewasa Rp30.000.

3. Wisata Cipanas

Wisata Cipanas terletak di Jalan Raya Cipanas No. 30a, Cimanganten, Kec. Tarogong Kaler. Di tempat tersebut terdapat pemandian air panas alami dari Gunung Guntur yang bisa dinikmati.

Gunung Guntur merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini di Jawa Barat. Nantinya pengunjung akan dikenai tiket masuk jika ingin mengunjungi beberapa tempat seperti waterboom, kampung adat, dan lainnya di Wisata Cipanas.

4. Wisata Darajat Pass

Kompleks wisata yang juga menyuguhkan pemandian air panas ini berada di Kecamatan Pasirwangi. Selain berendam air panas, di sini pengunjung juga bisa menginap di hotel ataupun vila.

Ada pula waterpark lengkap dengan berbagai permainan air seperti seluncuran, kolam arus, kolam ombak, kolam balon, dan masih banyak yang lainnya. Melakukan kegiatan outdoor? Bisa banget. Di sini ada kegiatan outbond, main ATV, dan flying fox.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terindah di Kepulauan Seribu, Nomor 5 Lokasi Istirahat Presiden Soekarno

5. Kawah Kamojang

Jelajah Garut

Kawah ini berada di Kecamatan Ibun. Jaraknya sekitar 45 km jika Anda tempuh dari Kota Bandung. Kawah Kamojang terbentuk karena aktivitas vulkanik sudah sejak zaman Belanda.

Selain menyaksikan keindahan alam, pengunjung juga dapat berendam di kolam air panas alami atau sekadar eksplorasi melewati jembatan kuning yang indah.

6. Curug Sanghyang Taraje

Instagram @curug_sanghyangtaraje

Curug Sanghyang Taraje adalah sebuah air terjun yang berada di Kabupaten Garut. Terlepas dari itu semua, wisata Curug Sanghyang Taraje memang sangat indah. Alamnya sejuk dan menyegarkan. Ada dua air terjun yang saling berdampingan dengan tinggi sekitar 80 meter.

Kata Sanghyang merupakan sebutan kehormatan untuk dewa/raja zaman dulu. Sedangkan Taraje dalam bahasa Sunda berarti tangga sehingga secara umum curug ini berarti tangga yang digunakan oleh dewa-dewa menuju kayangan.

Itulah beberapa tempat wisata di Garut yang sedang hits. Alangkah baik jika berkunjung ke tempat wisata mana pun, pengunjung tetap memperhatikan kebersihan sehingga tidak mengotori keindahan alam yang disajikan.

Topik Menarik