Ini Solusi Agar Sungai di Indonesia Tak Tercemar Sampah

Ini Solusi Agar Sungai di Indonesia Tak Tercemar Sampah

Gaya Hidup | depok.inews.id | Rabu, 5 Juni 2024 - 10:03
share

DEPOK, iNewsDepok.id - Sungai memiliki peranan yang sangat besar dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia, namun masih banyak masyarakat yang tidak menyadari bahaya pencemaran sungai.

Diketahui membuang sampah sembarangan di sungai sudah menjadi kebiasaan banyak masyarakat baik dari kalangan dewasa, remaja, hingga anak-anak.

Jika hal ini terus dibiarkan maka sungai yang seharusnya menjadi sumber kehidupan akan berubah dan berdampak buruk bagi manusia dan makhluk hidup disekitarnya.

Dampak yang akan terjadi jika membuang sampah sembarangan adalah ketersediaan air bersih yang berkurang, menyebabkan banjir, menjadi sumber penyakit, mengganggu perekonomian warga yang bergantung pada sungai, dan merusak biota yang hidup dalam sungai.

Ada solusi yang dapat dilakukan agar tidak membuang sampah ke sungai, yaitu membuat sanksi tegas, sosialisasi tentang pengelolaan sampah, membuat tempat pengelolaan sampah, membuat kegiatan kerja bakti.

Dengan tidak membuang sampah ke sungai, artinya sudah ikut serta dalam menjaga kondisi sungai dan kelestarian lingkungan agar dapat terjaga dengan baik untuk generasi di masa depan.

Topik Menarik