Ini Alasan Anda Tak Boleh Minum Obat dengan Teh

Ini Alasan Anda Tak Boleh Minum Obat dengan Teh

Gaya Hidup | sindonews | Kamis, 4 Juli 2024 - 21:43
share

Masyarakat Indonesia memiliki cara dan kebiasaan saat sedang mengonsumsi obat. Salah satu yang populer adalah dengan minum teh setelahnya untuk menghilangkan rasa pahit obat.

Teh pada dasarnya merupakan minuman yang memiliki banyak manfaat. Sayang, masih banyak yang belum mengetahui bahwa meminum obat dengan teh sangat tidak dianjurkan karena beberapa hal. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya, melansir dari berbagai sumber, Kamis (4/7/2024).

Alasan pertama Anda tidak boleh minum teh saat mengonsumsi obat yaitu karena terdapat suatu senyawa bernama ‘Tanin’ yang dapat mengurangi khasiat dari obat terhadap tubuh. Hal tersebut sangat merugikan karena gejala sakit yang dialami tidak akan segera hilang.

Baca Juga: BPOM Temukan Zat Pewarna Berisiko Kanker Hati dan Kandung Kemih pada Cone Es KrimAlasan kedua, yaitu karena terdapat senyawa ‘Kafein’ yang mungkin sudah familiar Anda dengar. Senyawa tersebut bisa menjadi berbahaya apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat yang merangsang sistem syaraf pusat, seperti obat asma yang mengandung teofilin atau epinefrin.

Meminum obat bersamaan dengan teh manis memang cukup ampuh menghilangkan rasa pahit obat. Namun, interaksi obat dengan teh yang dapat mengurangi khasiat obat tentulah merugikan.

Tidak hanya itu, kafein dalam teh juga dapat meningkatkan efek samping yang tidak diinginkan. Contohnya menimbulkan sakit perut, sulit tidur, sulit berkonsentrasi, peningkatan detak jantung, dan peningkatan tekanan darah.

Artinya, minum obat dengan teh ini kurang disarankan karena bisa mengganggu kerja obat dan menimbulkan efek lain.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai beberapa dampak yang mungkin terjadi jika minum teh untuk menemani konsumsi obat. Kebiasaan ini kurang disarankan walaupun teh manis memang berguna untuk menghilangkan rasa pahit dalam obat.

Topik Menarik