Jika WhatsApp Disadap, Apa Saja yang Bisa Dilihat?

Jika WhatsApp Disadap, Apa Saja yang Bisa Dilihat?

Gaya Hidup | ciamisraya.inews.id | Jum'at, 5 Juli 2024 - 09:10
share

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Saat ini, penyadapan WhatsApp menjadi ancaman serius yang sedang marak terjadi, terutama karena berbagai cara mudah yang dapat digunakan untuk menyadap WhatsApp seseorang. Bahkan, individu yang tidak memiliki pengetahuan teknis terkait penyadapan pun bisa melakukannya dengan alat atau aplikasi yang tersedia.

Selain itu juga, kelalaian pengguna dalam menjaga keamanan akun dan media sosial sering kali menjadi celah bagi penyadap. Pengguna yang tidak memiliki pengetahuan luas tentang pengamanan akun dan media sosial, rentan terkena penyadapan yang membuat pembajak dapat dengan mudah mengakses dan mengontrol akun WhatsApp dan melihat seluruh riwayat aktivitas WhatsApp Anda.

Lantas, jika WhatsApp Anda disadap, apa yang dapat dilihat oleh pelaku penyadapan? Apakah berbahaya dan tidak aman bagi akun WhatsApp kita? Tentu saja ini bisa sangat berbahaya serta tidak aman bagi akun Anda. Berikut adalah detail mengenai apa yang bisa dilihat ketika WhatsApp disadap.

Apa Saja yang Bisa Dilihat Jika WhatsApp Disadap

1. Informasi akun

Pada saat WhatsApp disadap, penyadap bisa melihat berbagai informasi akun yang bersifat pribadi, seperti nama, foto profil dan bio kalian. Selain itu nomor telepon dan nomor kontak kalian bisa diakses dan informasi akun lainnya juga dapat dicek di menu pengaturan.

Hal ini sangat berbahaya karena, informasi akun kalian yang disadap bisa disalahgunakan dan juga dapat menjadi kesempatan penyadap untuk melakukan penipuan ke kontak lain dengan mengatasnamakan akun kalian.

 

2. Isi Pesan

Ketika seseorang berhasil menyadap akun WhatsApp Anda, mereka dapat mengakses seluruh riwayat aktivitas pesan, mulai dari pesan teks, pesan suara semuanya dapat dibaca oleh penyadap.

3. Aktivitas WhatsApp

Ketika akun WhatsApp Anda disadap, penyadap dapat mengakses dan melihat hampir semua aktivitas yang Anda lakukan di aplikasi tersebut, seperti kapan terakhir kalian aktif menggunakan WhatsApp, dengan siapa kalian bertukar pesan termasuk pesan penting dapat dilihat penyadap.

4. Mengakses Informasi Penting Lainnya

Penyadapan dapat melihat informasi lain seperti kapan panggilan terakhir dan dengan siapa kalian melakukan panggilan video maupun suara.

Lebih parah lagi, menyadap WhatsApp dapat memberikan kontrol penyadap untuk mengakses file-file penting yang terkirim di WhatsApp seperti foto, video maupun dokumen penting.

Jika kalian tidak waspada dan sadar, penyadap bisa bertahan menyadap WhatsApp kalian untuk terus mengakses segala informasi milik akun WhatsApp kalian.

 

Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa tanda jika WhatsApp kalian mungkin disadap:

1. Melihat pesan padahal kalian tidak mengirimnya.

2. Menerima pesan OTP WhatsApp padahal tidak kalian minta.

3. Melihat WhatsApp kalian mengirim pesan penipuan ke kontak WhatsApp kalian.

4. Akun WhatsApp tiba-tiba keluar sendiri, dan tanda-tanda lainnya.

Melihat hal tersebut, menunjukkan bahwa penyadapan WhatsApp adalah ancaman berbahaya di dunia yang serba digital ini. Sehingga kalian perlu waspada dalam menggunakan aplikasi seperti WhatsApp. Terlebih WhatsApp saat ini telah memiliki banyak fitur keamanan yang lebih ketat untuk menghindari penyadapan. Semoga bermanfaat!

Artikel ini telah diterbitkan di halaman Okezone dengan judul "Apa Saja Yang Bisa Dilihat Kalau WhatsApp Disadap? Berikut Daftarnya"

Topik Menarik