Pejuang Palestina Makin Intensif Tembakkan Roket ke Israel

Pejuang Palestina Makin Intensif Tembakkan Roket ke Israel

Global | sindonews | Selasa, 2 Juli 2024 - 06:44
share

Kelompok pejuangPalestina, Jihad Islam, menembakkan rentetan roket ke Israel pada Senin (1/7) ketika pertempuran berkobar di Gaza. Saat bersamaan, tank-tank Israel maju lebih jauh ke beberapa bagian daerah kantong itu.

Jihad Islam, sekutu Hamas – keduanya didukung oleh Iran – mengatakan para pejuangnya menembakkan roket ke beberapa komunitas Israel di dekat pagar Gaza sebagai tanggapan atas “kejahatan musuh Zionis terhadap rakyat Palestina”.

Tembakan sekitar 20 roket tidak menimbulkan korban jiwa, kata militer Israel. Namun serangan tersebut menunjukkan bahwa militan masih memiliki kemampuan roket hampir sembilan bulan setelah serangan yang menurut Israel bertujuan untuk menetralisir ancaman terhadapnya.

Penduduk di beberapa lingkungan di timur Khan Younis, yang berada di selatan Gaza, mengatakan mereka telah menerima pesan audio dari nomor telepon Israel yang memerintahkan mereka untuk meninggalkan rumah mereka.

“Demi keselamatan Anda, Anda harus segera mengungsi ke zona kemanusiaan,” juru bicara militer Avichay Adraee memposting di platform media sosial X dalam seruan kepada warga dan pengungsi yang tinggal di daerah tersebut.

Beberapa orang berpendapat bahwa hal ini bisa berarti pasukan Israel akan kembali ke daerah tersebut, yang mereka tinggalkan beberapa minggu lalu. Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Senin sebelumnya bahwa roket ditembakkan dari daerah Khan Younis.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Israel mendekati tujuannya untuk menghancurkan kemampuan militer Hamas, kelompok Islam yang menguasai Gaza dan memimpin serangan 7 Oktober terhadap Israel yang memicu perang. Operasi yang kurang intens akan terus berlanjut.

“Kami sedang menuju akhir fase pemberantasan tentara teroris Hamas, dan akan ada kelanjutan serangan terhadap sisa-sisanya,” kata Netanyahu, dilansir Reuters.

Kekerasan juga berkobar pada hari Senin di Tepi Barat yang diduduki Israel, di mana kementerian kesehatan Palestina mengatakan seorang wanita dan seorang anak laki-laki tewas di kota Tulkarem dalam operasi pasukan Israel. Sehari sebelumnya, serangan Israel di wilayah yang sama menewaskan seorang anggota Jihad Islam.

Di beberapa wilayah Gaza, militan terus melancarkan serangan terhadap pasukan Israel di wilayah yang telah ditinggalkan tentara beberapa bulan lalu.

Baca Juga: Sejarawan Israel Serukan Serangan Nuklir terhadap Iran

Tank-tank Israel memperdalam serangan ke pinggiran Shejaia di timur Kota Gaza untuk hari kelima, dan tank-tank tersebut maju lebih jauh di Rafah barat dan tengah, di Gaza selatan dekat perbatasan dengan Mesir, kata warga.

Militer Israel mengatakan telah membunuh sejumlah militan dalam pertempuran di Shejaia pada hari Senin dan menemukan sejumlah besar senjata di sana.

Hamas mengatakan para pejuangnya telah memikat pasukan Israel ke sebuah rumah jebakan di timur Rafah dan meledakkannya, sehingga menimbulkan korban jiwa.

Militer Israel mengumumkan kematian seorang tentara di Gaza selatan tanpa memberikan rincian. Radio Angkatan Darat Israel mengatakan tentara itu terbunuh di Rafah di sebuah rumah jebakan – kemungkinan merujuk pada insiden yang dilaporkan oleh Jihad Islam.

Juga di Rafah, militer Israel mengatakan bahwa serangan udara menewaskan seorang militan yang menembakkan rudal anti-tank ke arah pasukannya.

Israel telah memberi isyarat bahwa operasinya di Rafah, yang dimaksudkan untuk membasmi Hamas, akan segera selesai. Setelah fase perang yang intens berakhir, pasukannya akan fokus pada operasi skala kecil yang dimaksudkan untuk menghentikan pembentukan kembali Hamas, kata para pejabat.

Perang dimulai ketika pejuang pimpinan Hamas menyerbu Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang, termasuk warga sipil dan tentara, kembali ke Gaza, menurut penghitungan Israel.

Serangan yang dilancarkan Israel sebagai pembalasan telah menewaskan hampir 38.000 orang, menurut Kementerian Kesehatan Gaza, dan telah menyebabkan wilayah pesisir yang padat penduduknya menjadi reruntuhan.

Kementerian Kesehatan Gaza tidak membedakan antara kombatan dan non-kombatan, namun para pejabat mengatakan sebagian besar korban tewas adalah warga sipil. Israel mengatakan 317 tentaranya tewas di Gaza dan setidaknya sepertiga dari tentara Palestina yang tewas adalah pejuang.

Upaya mediator Arab untuk mengamankan gencatan senjata, didukung oleh Amerika Serikat, terhenti. Hamas mengatakan kesepakatan apa pun harus mengakhiri perang dan menyebabkan penarikan penuh Israel dari Gaza. Israel mengatakan mereka hanya akan menerima jeda sementara dalam pertempuran sampai Hamas dibasmi.

Pihak berwenang Israel membebaskan 54 warga Palestina yang ditahan selama perang, kata pejabat perbatasan Palestina.

Di antara mereka adalah Mohammad Abu Selmeyah, direktur Rumah Sakit Al Shifa, yang ditangkap oleh militer ketika pasukannya pertama kali menyerbu fasilitas medis tersebut pada bulan November.

Israel mengatakan Hamas telah menggunakan rumah sakit itu untuk tujuan militer. Pihak militer telah merilis rekaman CCTV rumah sakit tersebut pada tanggal 7 Oktober yang menunjukkan orang-orang bersenjata dan sandera berada di lokasi tersebut dan telah membawa para jurnalis ke dalam terowongan yang ditemukan di kompleks tersebut.

Hamas membantah menggunakan rumah sakit untuk tujuan militer. Abu Selmeyah menolak tuduhan tersebut pada hari Senin dan mengatakan para tahanan telah dianiaya selama penahanan mereka, termasuk tidak diberi makanan dan obat-obatan, dan beberapa di antaranya telah meninggal.

“Saya disiksa dengan kejam, jari kelingking saya patah, dan kepala saya dipukul hingga keluar darah, lebih dari satu kali,” kata Abu Selmeyah dalam konferensi pers di sebuah rumah sakit di Gaza selatan.

Israel pada bulan Mei mengatakan pihaknya sedang menyelidiki kematian warga Palestina yang ditangkap selama perang serta kamp penahanan yang dikelola militer di mana para tahanan yang dibebaskan dan kelompok hak asasi manusia menuduh adanya pelecehan terhadap narapidana.

Pihak militer belum segera mengomentari pernyataan Abu Selmeyah.

Topik Menarik