Melalui Mediator Qatar, AS Masih Tunggu Respons Hamas Soal Usulan Gencatan Senjata Gaza

Melalui Mediator Qatar, AS Masih Tunggu Respons Hamas Soal Usulan Gencatan Senjata Gaza

Global | okezone | Rabu, 5 Juni 2024 - 13:24
share

WASHINGTON Amerika Serikat (AS) masih menunggu respons atau jawaban dari Hamas terkait proposal gencatan senjata Israel yang diungkapkan Presiden AS Joe Biden pada Jumat (31/5/2024).

Kami menunggu tanggapan dari Hamas melalui mediator Qatar, terang penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan kepada wartawan, Selasa (4/6/2024), dikutip Reuters.

Sullivan mengatakan Direktur CIA Bill Burns akan berada di Doha untuk berkonsultasi dengan mediator Qatar mengenai proposal gencatan senjata di Gaza. Qatar diketahui telah melakukan mediasi di Gaza antara Israel dan Hamas.

Qatar mengatakan pada Selasa (4/6/2024) bahwa pihaknya telah menyampaikan proposal gencatan senjata Israel kepada Hamas yang mencerminkan proposal tiga fase yang diajukan oleh Biden, dan bahwa perjanjian tersebut sekarang lebih mendekati posisi kedua belah pihak.

Seorang juru bicara Hamas, yang telah memerintah Gaza sejak 2007, pada Selasa (4/6/2024) menegaskan kembali bahwa pihaknya tidak dapat menyetujui kesepakatan apa pun kecuali Israel membuat komitmen yang jelas terhadap gencatan senjata permanen dan penarikan penuh dari Gaza.

Topik Menarik