Ini Bhole Baba, Dianggap Inkarnasi Tuhan dan Penyebab 121 Orang Tewas Terinjak-injak

Ini Bhole Baba, Dianggap Inkarnasi Tuhan dan Penyebab 121 Orang Tewas Terinjak-injak

Global | sindonews | Kamis, 4 Juli 2024 - 21:17
share

Publik India sedang berduka atas tragedi kematian 121 orang yang terinjak-injak dalam pertemuan besar keagamaan di Uttar Pradesh pada Selasa lalu.

Biang tragedi itu adalah Bhole Baba, seorang polisi India yang berubah menjadi pengkhotbah, yang dianggap sebagai inkarnasi Tuhan oleh para pengikutnya.

Dari 121 orang yang tewas terinjak-injak, sebagian besar adalah wanita dan anak-anak.

Bhole Baba atau Penatua yang Tak Bersalah adalah julukan dari seorang pendeta gadungan, yang merupakan seorang polisi sebelum dia beralih ke spiritualitas dan menjadi seorang pengkhotbah.

Baca Juga: Horor! 116 Orang Tewas Terinjak-injak saat Acara Agama Hindu di India

Awalnya dia bernama Suraj Pal Singh, namun kemudian mengubah namanya menjadi Narayan Sakar Hari.

Saat ini keberadaannya tidak dapat dilacak, dan polisi di negara bagian Uttar Pradesh di India utara mengatakan mereka masih berusaha melacaknya.

Bhole Baba tercatat menjadi petugas polisi di Uttar Pradesh selama hampir satu dekade sebelum dia mengundurkan diri dan beralih ke spiritualitas, Sudhir Kumar.

Pengkhotbah tersebut adalah penduduk asli desa Kasganj, dekat daerah Hathras tempat terjadinya pertemuan massa yang berakhir dengan tragedi.

Dia biasa melakukan perjalanan melintasi negara bagian Uttar Pradesh, Rajasthan dan Madhya Pradesh, di wilayah utara India, tempat dia memiliki banyak pengikut.

Menurut laporan media lokal, yang dikutip Reuters, Kamis (4/7/2024), dia biasanya berpidato di berbagai pertemuan besar, sebagian besar pada hari Selasa pertama setiap bulan.

Sebagai anggota komunitas Dalit kasta rendah di India, tujuan Bhole Baba adalah menciptakan masyarakat ideal, bebas dari takhayul dan penuh kasih sayang, menurut sebuah papan penimbunan yang didirikan di lokasi kejadian pada hari Selasa.

Kepribadian Daring

Poster dan video yang di-posting di saluran YouTube Bhole Baba, yang ditonton jutaan kali, menunjukkan dia mengenakan tunik kurta tradisional India atau jas dan dasi putih bersih, sering kali memakai kacamata hitam, berbeda dari citra sederhana kebanyakan Dewa.

Sambil memegang mikrofon di tangannya, duduk di singgasana yang penuh hiasan dan bersama istrinya di sisinya, Bhole Baba pernah terlihat berpidato di hadapan banyak orang yang sebagian besar terdiri dari perempuan, hampir semuanya duduk di tanah, tangan terlipat penuh hormat.

“Kemanusiaan adalah agama yang benar, adalah agama yang benar dan akan selalu menjadi agama yang benar,” katanya seperti dikutip dalam sebuah poster tentang dirinya.

Menurut laporan NDTV, Uuntuk melindungi dirinya dari para pengikutnya yang terburu-buru menyentuh kakinya dan meminta berkahnya, Bhole Baba telah membentuk tim keamanan yang dikenal sebagai Narayani Sena, dengan penjaga pria dan wanita yang akan mengantarnya ke pertemuan.

Pertemuan Hathra

Dalam beberapa video yang diposting di saluran YouTube-nya, yang memiliki lebih dari 31.000 pengikut, rincian pertemuan pada hari Selasa tersebut diberikan, dan para umat diminta untuk hadir dalam jumlah besar.

“Narayan Sakar Hari yang agung akan bermanifestasi secara pribadi dan memberkati para penyembahnya,” bunyi narasi dalam video tersebut, disertai dengan grafik yang diperbesar dengan gambar pertemuan di masa lalu.

Sekitar 250.000 orang berkumpul meskipun izin hanya diberikan kepada 80.000 orang, menurut laporan informasi pertama polisi (FIR).

Dua pertemuan lagi direncanakan akhir bulan ini di dekat kota Agra, lokasi Taj Mahal.

Topik Menarik