Penjelasan Polda Jateng soal Viral Video Kapolda Ogah Bersalaman dengan Andika Perkasa

Penjelasan Polda Jateng soal Viral Video Kapolda Ogah Bersalaman dengan Andika Perkasa

Terkini | semarang.inews.id | Rabu, 25 September 2024 - 19:50
share

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Unggahan video yang terkesan Kapolda Jateng Irjen Pol Ribut Hari Wibowo ogah menyalami Calon Gubernur Jateng, Andika Perkasa, viral di media sosial.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto meluruskan bahwa peristiwa itu tidak ada unsur kesengajaan. Sebab jika dicermati, saat itu Kapolda yang sedang berjalan hendak meninggalkan kantor KPU Jateng sudah menundukkan kepala untuk berpamitan. "Jadi saat itu tidak ada unsur kesengajaan tidak mau bersalaman," katanya, Rabu (25/9) malam.

Video viral itu, kata dia, berbanding terbalik saat keduanya bertemu di ruang transit di KPU Jateng dalam acara pemilu damai, pada Selasa (24/9) malam. 

"Dimana antara Pak Andilka dengan Pak Ribut di ruang transit menunjukkan sikap yang bersahabat, karena keduanya selain bersalaman dan cipika-cipiki juga ngobrol akrab membahas berbagai hal," terangnya.

Adanya video yang terkesan Kapolda enggan bersalaman dengan Pak Andika, dinilai Artanto, sengaja diunggah ke media dengan tujuan untuk memperkeruh suasana.

 

Upaya itu, lanjut dia, sengaja diframing oleh orang yang tidak senang pilkada berlangsung damai, aman dan nyaman.

"Untuk itu kami yakinkan bahwa keakraban, soliditas antara TNI dan Polri tetap terjalin dan terjaga dengan baik," ujarnya.

Upaya pihak tertentu tersebut, kata dia, tidak membuat hubungan TNI/Polri di Jawa Tengah yang selama ini berjalan baik, solid,  terpengaruh atas upaya-upaya tersebut.

"Untuk itu kami juga menyayangkan hanya video yang mengambarkan Kapolda terkesan tidak bersedia bersalaman dengan Bapak Andika dibesar-besarkan, sedang video keakraban keduanya di ruang transit KPU Jateng malam itu yang diawali saling bersalaman dan cipika-cipiki tidak diekplore atau diviralkan di media," ujarnya.
 

Topik Menarik