Membanggakan, Anggota Bhayangkari dan Anaknya Diwisuda Bareng di UMS

Membanggakan, Anggota Bhayangkari dan Anaknya Diwisuda Bareng di UMS

Terkini | sleman.inews.id | Rabu, 25 September 2024 - 19:30
share

SOLO, iNewsSleman.id – Kisah inspiratif datang dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Seorang ibu dan anak perempuannya akan diwisuda bersama-sama setelah menyelesaikan studinya.

Kedua sosok ini adalah Dr Sri Waljinah Purwadi S.Pd S.H M.Hum M.H, seorang anggota Bhayangkari sekaligus dosen Fakultas Hukum (FH) UMS. Meski usianya sudah tak lagi muda, ia mampu meraih gelar magister untuk kedua kalinya. 

Upacara wisuda Sri Waljinah Purwadi dari Program Studi Magister Ilmu Hukum UMS akan spesial karena bersama-sama dengan putri tunggalnya Alifa Laili Faiza Cahyani yang lulus Sarjana Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Informatika UMS. Prosesi wisuda akan berlangsung di Edutorium UMS, Kamis (26/9/2024).

Sri Waljinah Purwadi mengaku lega, senang, dan bersyukur bisa meraih gelar magister ilmu hukum dari UMS. Sebab usianya sudah tidak muda, sekaligus memiliki kesibukan sebagai anggota Bhayangkari mendampingi tugas suami.

“Lega, senang, dan bersyukur, bahwa meraih ilmu tidak memandang usia, kalau kita semangat pasti akan meraih cita-cita yang diinginkan. Kali ini pencapaian saya kembali meraih gelar magister yang kebetulan diwisuda bersama putri kami,” kata Sri Waljinah Purwadi melalui siaran pers Humas UMS, Rabu (25/9/2024).

Diakuinya, tidak mudah menyelesaikan tugas belajarnya kali ini. Selain menjalankan tugas sebagai istri dan ibu, ia juga tidak bisa mengabaikan tanggung jawab sebagai dosen sekaligus anggota Bhayangkari yang mendampingi suami, Kombes Pol Dr Purwadi Wahyu Anggoro S.IK M.H. Dirinya sangat beruntung karena keluarga mendukung, utamanya suami.

Sementara itu, Kombes Pol Dr Purwadi Wahyu Anggoro juga menyampaikan kebanggaannya pada sang istri. Sebab Sri Waljinah Purwadi bisa membagi waktu sebagai istri, Bhayangkari, ibu dan sebagai dosen.

“Saya bangga dan semoga ilmu dan capaian yang diraih bisa bermanfaat untuk masyarakat luas,” kata Purwadi.

 

Dr Sri Waljinah Purwadi S.Pd S.H M.Hum M.H diwisuda dengan gelar Magister Ilmu Hukum setelah mempertahankan tesis yang berjudul "Hukum dan Kepercayaan Terhadap Kepolisian: Studi Interogasi dalam Perspektif Linguistik Forensik".

Di mana hak warga negara di bidang hukum, yaitu memperoleh keadilan ketika berkasus hukum yang dalam proses penanganannya melibatkan penyidik dan terperiksa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses interogasi kurang humanis dalam pelaksanaannya di Kepolisian.

Sedangkan sang putri, Alifa Laili Faiza Cahyani, lulus dari FKI UMS dengan judul skripsi "Peran Kader Perempuan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Aktivitas Komunikasi Politik".

Dalam penelitiannya, disimpulkan bahwa aktivitas komunikasi politik dilakukan informan untuk membentuk citra positif kepada pemilih atau masyarakat. Semua aktivitas komunikasi politik dilakukan oleh kader perempuan partai PDIP DIY tanpa menjatuhkan lawan politik.

Aktivitas komunikasi politik dilakukan kader perempuan PDIP DIY untuk menunjukkan bahwa eksistensi perempuan dalam dunia politik masih dapat berkiprah.

Upacara wisuda ibu dan anak ini menjadi momen yang menginspirasi keluarga, terutama para perempuan yang masih semangat meraih ilmu, dengan tidak melupakan kodratnya sebagai istri dan ibu.

Topik Menarik