5 Tempat Angker di Indonesia yang Jarang Orang Ketahui, Merinding!

5 Tempat Angker di Indonesia yang Jarang Orang Ketahui, Merinding!

Seleb | BuddyKu | Jum'at, 16 Desember 2022 - 13:31
share

Masih kental dengan budaya nenek moyang, hal mistis di Indonesia sudah enggak asing lagi. Ada banyak hal yang masih menyimpan mistis, mulai dari ritual, benda keramat, mitos, bahkan bangunan atau tempat.

Meski terbilang tempat angker di indonesia, namun, tempat-tempat ini masih kerap dikunjungi loh. Ingin tahu di mana saja tempat mistis tersebut? Yuk simak lima tempat mistis yang enggak pernah disadari orang.

1. Kamar Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming

wali kota solo
Kamar tidur di rumah dinas Wali Kota Solo. (Z Creators/Ari Welianto)

Loji Gandrung merupakan rumah dinas Wali kota Solo , Gibran Rakabuming Raka yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi No.261, Penumping, Laweyan, Solo, Jawa Tengah. Di dalamnya, ada kamar berukuran 4x4 yang ada di sebelah kiri pintu masuk.

Konon, kamar tersebut dulunya sering dipakai mantan Presiden Soekarno saat berada di Solo. Saat ini kamar tersebut dibiarkan kosong, tapi kondisinya tetap terawat. Gibran yang juga putra sulung Presiden Jokowi ini memilih tinggal di kediaman pribadi.

Konon, di kamar ini sering muncul kejadian aneh dan tercium wangi bunga melati secara tiba-tiba.

2. Gunung Kawi

gunung kawi
Gunung Kawi. (Z Creators/Jauzi Muqoddas)

Gunung Kawi adalah salah satu gunung berapi yang sudah lama enggak aktif. Letaknya ada di Kabupaten Malang dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Mitosnya, Gunung Kawi jadi tempat mencari pesugihan yang konon bisa merubah nasib orang yang datang ke sana. Gunung ini banyak dikunjungi peziarah dari berbagai daerah.

3. Grojogan Sewu

grojogan sewu
Grojogan Sewu. (Z Creators/Hasan Syamsuri)

Tempar angkir di indonesia selanjutnya yaitu Grojogan Sewu adalah salah satu air terjun di Kabupaten Malang. Tepatnya di Dusun Tretes, Desa Bendosari, Kecamatan Pujon. Saat berkunjung ke sini, kamu akan langsung disambut pendopo yang bentuknya mirip klenteng.

Enggak cuma itu, ada juga pohon beringin yang punya tempat duduk untuk melakukan ritual. Air Terjun Grojogan Sewu dipercaya punya khasiat. Itulah mengapa, enggak sedikit orang luar daerah yang ritual mandi kembang pada tengah malam di sini.

4. Stasiun Cikini

stasiun cikini
Stasiun Cikini. (Z Creators/Vivi Sanusi)

Stasiun Cikini sudah terkenal dengan cerita-cerita horornya. Bahkan kisahnya sempat viral di media sosial. Beragam kisah misteri tersebut seperti penampakan-penampakan makhluk tak kasat mata sampai kereta hantu.

Tapi yang paling ramai dibicarakan adalah penampakan wanita gaib yang tewas akibat kecelakaan. Ada juga kereta hantu yang berjalan sendiri tanpa masinis dengan isi penumpang gaib yang diam membisu dengan wajah yang pucat pasi dan bibir lebam.

5. Pintu Air Rolak Songo

pintu air rolak songo
Pintu Air Rolak Songo. (Z Creators/Dio Masafan Mufio)

Rolak Songo merupakan pintu air peninggalan masa kolonial Belanda yang berada di aliran Sungai Brantas, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Berusia ratusan tahun, bangunan ini punya beragam kisah mistis dan kejadian-kejadian aneh.

Kisah mistis yang paling melegenda adalah sosok kakek-kakek tua yang sering muncul. Warga sekitar mengungkapkan bahwa sosok kakek tua itu sering muncul di tangga sisi utara. Ada juga sosok wanita yang kerap menampakkan wujudnya di sisi timur bagian utara.

Itulah lima tempat mistis yang enggak pernah disadari orang. Berani berkunjung?

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik!Lets join Z Creators dengan klik di sini .

Z Creators
Z Creators
Topik Menarik