Jangan Sembarangan! Ketahui Cara Berkendara Mobil Listrik yang Aman

Jangan Sembarangan! Ketahui Cara Berkendara Mobil Listrik yang Aman

Otomotif | inews | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 12:59
share

JAKARTA, iNews.id - Populasi mobil listrik di Indonesia semakin besar dengan model yang beragam. Tapi, belum banyak pemilik kendaraan ramah lingkungan tersebut mengetahui cara mengendarainya di segala kondisi.

Beragam model dan pilihan mobil listrik ditawarkan dengan berbagai keunggulan, mulai dari desain futuristik hingga teknologi canggih. Namun, sebelum berkendara, membutuhkan persiapan pada mobil untuk memastikan perjalanan lebih optimal di berbagai kondisi cuaca.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan pada pengendara mobil listrik, agar perjalanan lebih nyaman seperti dibagikan Neta:

1. Cek Persentase Baterai

Saat melakukan perjalanan, akan dihadapkan berbagai kondisi. Terkadang dihadapkan pada situasi hujan dan terjadi kemacetan panjang. Oleh sebab itu, pastikan untuk memeriksa baterai sebelum berangkat. Disarankan untuk mengisi dayanya hingga penuh atau minimal 80 persen untuk meminimalisasi terjadinya kehabisan daya saat cuaca atau kondisi jalanan padat.

2. Periksa Kondisi Ban

Cuaca dan kondisi jalanan yang kurang bagus berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan, terutama jika kondisi ban tidak optimal. Periksa tekanan udara dalam ban secara rutin, dan pastikan ban memiliki daya cengkeram yang baik. 

3. Gunakan Mode Berkendara yang Sesuai

Saat cuaca buruk, seperti hujan atau kabut tebal, disarankan untuk menggunakan mode berkendara yang lebih aman, seperti mode Eco atau Comfort. Mode ini akan mengurangi kecepatan akselerasi dan meningkatkan stabilitas kendaraan, sehingga dapat berkendara dengan lebih tenang dan aman. 

5. Bersiap saat Cuaca Hujan

Cuaca yang tidak menentu saat ini dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Pastikan mobil listrik yang dikendarai dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat memaksimalkan keselamatan di jalan. 

Pada NETA X, ditawarkan sistem Smart Driving dengan 9 fungsi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), yang terdiri dari Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Front Vehicle Start Alert (FSA), Full-Speed Adaptive Cruise (ACC), Traffic Jam Assist (TJA), Integrated Cruise Assist (ICA), Lane Departure Warning (LDW), Emergency Lane Keeping System (ELKS), dan High Beam Assist (HBA). Fitur-fitur ini dirancang untuk membantu pengemudi berkendara dengan lebih aman di berbagai kondisi jalan dan cuaca.

Topik Menarik