Pemerintah Minta Transportasi Umum mulai Beralih ke Listrik

Pemerintah Minta Transportasi Umum mulai Beralih ke Listrik

Otomotif | inews | Selasa, 24 September 2024 - 16:07
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah terus berusaha mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia dengan mengeluarkan sejumlah kebijakan. Tapi, transportasi umum yang beredar di Indonesia saat ini masih menggunakan mesin konvensional yang mengeluarkan emisi tinggi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto meminta transportasi umum di seluruh wilayah Indonesia berbasis listrik. Menurutnya, Jakarta menjadi contoh saat menggunakan bus listrik untuk armada Transjakarta.

"Memang kalau kita lihat bus (listrik) di Jakarta lebih progresif dibandingkan daerah lain. Tentu saya berharap daerah lain juga bisa segera mengikuti agar penggunaan transportasi massal beralih ke berbasis listrik," ujar Airlangga di Jakarta, Selasa (24/9/2024).

Di sisi lain, Airlangga memahami sulit menerapkan hal tersebut di seluruh wilayah Indonesia karena kesiapan infrastukturnya. Sebab itu, perlu investasi besar demi menuju lingkungan yang lebih bersih dengan kendaraan listrik.

"Daerah kalau dengan insentif fiskal bisa jalan, tapi kalau dilepas sulit. Transisi ini perlu investasi, sementara di beberapa daerah tidak biasa investasi. Mereka biasanya biaya operasional. Makanya kita perlu investasi hijau baru," katanya.

Menurut Airlangga, saat ini penggunaan kendaraan listrik pada transportasi umum sangat penting dan harus ditingkatkan. Airlangga menyampaikan pemerintah juga perlu membuat kebijakan baru agar mempermudah peralihan.

"Penggunaan kendaraan listrik pada transportasi publik diharapkan terus meningkat hingga 2035 mendatang. Maka itu pembentukan kebijakan baru mengenai transportasi hijau penting untuk didorong," ucapnya.

Seperti diketahui, Dinas Perhubungan akan menambah 200 unit bus listrik untuk TransJakarta pada akhir 2024. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi polusi udara, karena armada yang ada saat ini beroperasi dengan menggunakan mesin diesel.

Topik Menarik