Timnas Indonesia U-20 Gilas Argentina, Erick Thohir: Kemenangan Bersejarah!

Timnas Indonesia U-20 Gilas Argentina, Erick Thohir: Kemenangan Bersejarah!

Olahraga | inews | Rabu, 28 Agustus 2024 - 16:58
share

JAKARTA, iNews.id Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambut gembira kemenangan 2-1 Timnas Indonesia U-20 vs Argentina pada mini turnamen bertajuk Seoul Earth On Us Cup 2024 di Seoul, Korea Selatan, Rabu (28/8/2024) siang WIB.

Pasukan Indra Sjafri sempat tertinggal lewat sontekan kapten Timnas Argentina U-20 Mirko Juarez pada menit ke-18. Namun, Timnas Indonesia U-20 tak panik dan berhasil membalikkan keadaan pada babak kedua lewat gol Kadek Arel (74), dan eksekusi penalti Maouri Simon (79).

"Ini kemenangan bersejarah. Saya yang menonton pertandingan itu melihat luar biasa perjuangan para pemain kita, ujar Erick Thohir usai pertandingan.

Apalagi mereka mencetak kemenangan dengan comeback setelah lebih dulu tertinggal. Benar-benar salut, ucapnya.

Meski begitu, Erick Thohir mengingatkan pasukan Garuda Nusantara tak terbuai dengan kemenangan ini.

Meski bisa kalahkan Argentina, tim yang peringkatnya jauh di atas kita, ingat jangan sombong atau jemawa," katanya.

Pria yang juga menjabat Menteri Negara BUMN itu juga menyanjung permainan Kadek Arel dan Kolega yang tak gentar melawan Argentina yang punya nama besar.

"Pertahanan kita juga saya nilai solid. Beberapa kali digempur, tapi bisa keluar dari tekanan. Semoga ini menjadi modal dalam segi mental yang bagus asal ingat, perjalanan mereka masih panjang," tuturnya.

Sepanjang 45 menit pertama, Indonesia unggul dari segi penguasaan bola dengan persentase 65 persen berbanding 35 persen. Sayang, rapatnya barisan pertahanan Argentina membuat Garuda Nusantara kesulitan untuk menembus pertahanan Tim Tango Muda. Tercatat, pemain Indonesia U-20 tak diberikan kesempatan untuk melepaskan tendangan ke arah gawang Argentina.

Sebaliknya, Timnas Argentina U-20 yang memainkan pola serangan balik yang cepat justru berhasil memanfaatkan peluang emas menjadi gol.

Berawal dari tendangan sudut, bola lantas mampu dimentahkan pemain Indonesia. Namun Rodrigo Ezequiel Stocco, yang berada dalam posisi bebas melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola tendangan Rodrigo lantas diteruskan Mirko Juarez dengan sundulan yang mampu memperdaya kiper Ikram Algiffari pada menit ke-17.

Namun, Garuda Nusantara pantang menyerah. Mereka berhasil menyamakan skor pada menit ke-75. Gol itu berawal dari tendangan bebas Mouri Ananda, yang berhasil disambar Kadek Arel Priyatna.

Kemudian, tendangan penalti Ananda pada menit ke-82 menyempurnakan comeback Timnas Indonesia U-20. Garuda Nusantara menang 2-1.

Setelah kemenangan ini, Garuda Nusantara akan berhadapan dengan Timnas Thailand U-20, Jumat (30/8/2024), dan Korea Selatan U-20, Minggu (1/9/2024).

Topik Menarik