Maverick Vinales Diprediksi Bisa Ukir Sejarah Bareng Tim Red Bull KTM di MotoGP 2025

Maverick Vinales Diprediksi Bisa Ukir Sejarah Bareng Tim Red Bull KTM di MotoGP 2025

Olahraga | inews | Selasa, 18 Juni 2024 - 18:11
share

NOALE, iNews.id- Maverick Vinales dipastikan bakal pindah ke tim Red Bull KTM Tech3, pada MotoGP 2025. Kepindahannya itu membuatnya berpeluang untuk mengukir sebuah sejarah baru di MotoGP.

Vinales memulai kariernya di MotoGP pada 2015 lalu bersama Suzuki Ecstar. Setelah menjalani musim debut yang cukup baik, dia semakin berkembang di musim keduanya di kelas utama.

Pada GP Inggris 2016, Top Gun -julukan Vinales- sukses meraih kemenangan perdananya di MotoGP dan kemudian finis di posisi empat klasemen. Performa apik yang ditunjukkannya dengan Suzuki pun membuat Yamaha kepincut dan kemudian merekrutnya pada musim 2017.

Pembalap asal Spanyol itu pun langsung unjuk gigi dengan tim pabrikan Iwata di mana dia memenangkan balapan pertamanya di MotoGP Qatar 2017. Prestasi itu membuatnya menjadi rider termua dalam sejarah MotoGP yang memenangkan balapan dengan dua merek berbeda.

Namun setelah berseteru dengan Yamaha, akhirnya Vinales hengkang ke Aprilia di pertengahan musim 2021. Usai mengembangkan motor RS-GP selama bertahun-tahun akhirnya Vinales meraih kemenangan perdananya dengan tim pabrikan Noale dalam sprint dan balapan utama MotoGP Amerika Serikat 2024 lalu.

Akan tetapi, pada akhirnya perjalanan Vinales dan Aprilia berakhir di akhir musim 2024 ini. Vinales pun telah diumumkan hijrah ke tim satelit KTM Tech3 pada MotoGP 2025 mendatang bersama rider Ducati Lenovo saat ini, Enea Bastianini.

Menurut catatan Motosan yang dilansir pada Selasa (18/6/2024), kepindahannya ke KTM Tech3 musim depan membuat Vinales berpeluang mengukir sejarah baru di MotoGP. Rider berusia 29 tahun tersebut bisa menjadi pembalap MotoGP pertama sepanjang masa yang meraih kemenangan dengan empat pabrikan berbeda.

Rekor tersebut belum pernah dicapai oleh pembalap manapun sebelumnya. Sementara untuk kemenangan di tiga pabrikan berbeda di MotoGP telah diraih oleh tiga pembalap lainnya.

Yang pertama adaah Randy Mamola yang membukukan kemenangan dengan Suzuki, Honda dan Yamaha. Kemudian ada Eddie Lawson yang naik podium pertama dengan Yamaha, Honda dan Cagiva. Terakhir, terdapat Loris Capirossi yang sukses memenangkan balapan MotoGP bersama Yamaha, Honda dan Ducati.

Vinales tampil cukup apik di MotoGP 2024 bersama Aprilia. Dia telah meraih 100 poin dalam tujuh seri dan 14 balapan yang telah berlangsung sehingga dia kini duduk di peringkat enam klasemen sementara.

Di sisi lain, Tech3 bersama GASGAS juga sedang menikmati musim terbaik mereka di MotoGP 2024 bersama Pedro Acosta. Sang wonderkid berada satu tempat di atas Vinales dengan selisih satu poin saja.

Dengan kemampuan motor RC16 yang ditunjukkan Acosta di musim ini, bukan tidak mungkin Top Gun bisa mengukir sejarah baru tersebut. Apalagi, dia punya catatan apik dengan tiga pabrikan sebelumnya sehingga bisa jadi dia mengukuhkan diri sebagai rider pertama dalam sejarah MotoGP yang mengamankan kemenangan dengan empat merek berbeda.

Topik Menarik