Austria Singkirkan Belanda dari Euro 2024 dengan Kemenangan 3-2

Austria Singkirkan Belanda dari Euro 2024 dengan Kemenangan 3-2

Olahraga | depok.inews.id | Rabu, 26 Juni 2024 - 22:41
share

JAKARTA, iNews Depok.id - Pertandingan Grup D Euro 2024 di Stadion Olympia, Berlin, pada Selasa (25/6) malam WIB, menjadi saksi kekalahan mengejutkan tim Oranje dari Austria. Dalam pertarungan sengit yang berakhir dengan skor 3-2, skuad asuhan Ralf Rangnick berhasil memukul mundur tim besutan Ronald Koeman.

Keunggulan Austria dimulai sejak menit-menit awal pertandingan. Tekanan agresif mereka membuahkan hasil pada menit keenam ketika Donyell Malen secara tidak sengaja membobol gawangnya sendiri saat berusaha menghalau umpan silang dari Alexandre Prass. Skor 1-0 untuk Austria bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Belanda bangkit dengan cepat. Cody Gakpo berhasil menyamakan kedudukan dengan tembakan akurat dari dalam kotak penalti. Namun, kegembiraan tim Oranje tak bertahan lama karena Romano Schmid kembali membawa Austria unggul pada menit ke-62 setelah memanfaatkan umpan dari Florian Grillitsch.

Pertandingan semakin memanas ketika Memphis Depay berhasil mencetak gol penyeimbang untuk Belanda. Meski sempat dianulir karena dugaan handball, VAR akhirnya memutuskan bahwa gol tersebut sah, mengubah skor menjadi 2-2.

Namun, drama belum berakhir. Marcel Sabitzer menjadi pahlawan Austria dengan mencetak gol kemenangan pada menit ke-80. Memanfaatkan kelengahan pertahanan Belanda, Sabitzer melepaskan tembakan keras yang tak mampu dijangkau kiper lawan. Meski Austria sempat mencetak gol keempat melalui Christoph Baumgartner, wasit menganulirnya karena offside. Skor 3-2 untuk Austria bertahan hingga peluit panjang berbunyi, mengakhiri harapan Belanda untuk lolos langsung ke babak 16 besar.

Kemenangan ini mengantarkan Austria ke puncak klasemen Grup D dengan enam poin, sekaligus memastikan tiket mereka ke babak knock-out. Sementara itu, Belanda terpuruk ke posisi ketiga dan harus menunggu hasil pertandingan lain untuk mengetahui nasib mereka di turnamen ini.

Kekalahan mengejutkan ini menjadi pukulan telak bagi tim Oranje yang datang ke Euro 2024 dengan ambisi tinggi. Sementara Austria merayakan keberhasilan mereka lolos ke babak 16 besar, Belanda kini harus berharap pada keajaiban untuk bisa melanjutkan perjalanan mereka di turnamen bergengsi ini.

Topik Menarik