Tips Memilih Batik Sesuai Warna Kulit, Jangan Takut Pakai Warna Cerah

Tips Memilih Batik Sesuai Warna Kulit, Jangan Takut Pakai Warna Cerah

Terkini | okezone | Kamis, 3 Oktober 2024 - 13:14
share

WARNA kulit memang sangat menentukan ketika kita ingin memilih tampilan yang ingin kita gunakan, tidak terkecuali ketika memakai batik. Dengan dominasi warna kulit warga Indonesia sawo matang, batik memnag kerap berawarna cokelat. Meski demikian, banyak juga loh yang memiliki warna-warna lainnya.

Fashion Director Yolande Handoko memberikan tips memilih warna batik yang tepat dan sesuai dengan warna kulit setiap orang. Yoland menjelaskan, sebelum memilih warna batik, penting untuk mengetahui warna kulit, ada tiga jenis warna kulit yaitu hangat, dingin dan netral. 

“Pada dasarnya lebih mudah membedakan undertone dari warna bidikannya, kalau hijau berarti hangat, jika biru berarti sejuk, jika kombinasi biru dan hijau berarti netral,” kata dalam keterangan pers Hari Batik Nasional Tokopedia. 

Meskipun kulitnya terlihat sama, struktur dasarnya mungkin berbeda. Misalnya, seseorang berkulit coklat memiliki corak kulit hangat atau dingin. Untuk mengetahuinya, lihat saja warna urat di tangan Anda.

Bagi yang berkulit hangat, Yolanda merekomendasikan warna batik yang terkesan hangat, seperti kuning sawi, tan, dan ungu yang terlihat natural dan glowing di kulit.

Sebaliknya, bagi orang yang berpenampilan keren, warna-warna cerah dan segar seperti biru, ungu, atau hijau zamrud akan lebih baik karena akan membuat kulit terlihat lebih baik dan menciptakan citra baru.

Sementara bagi Anda yang memiliki warna kulit netral, Anda bisa menggunakan semua warna batik, karena cocok dengan warna yang berbeda-beda, baik hangat ataupun dingin sehingga memiliki pilihan lebih luas.

 

Selain itu, Yoland juga menekankan pentingnya memahami ide yang ingin diungkapkan. Jika ingin tampil kasual, padukan batik dengan jeans dan sneakers untuk tampilan simpel namun tetap stylish.

Namun untuk acara formal, batik lebih baik dibandingkan sutra atau warna gelap dengan sepatu formal dan aksesoris yang elegan. Mengikuti saran Yoland, Anda bisa tampil berani dengan batik yang sesuai dengan warna kulit dan acara yang akan Anda hadiri.

Yoland juga menekankan pentingnya untuk menyesuaikan tampilan batik sesuai dengan acara yang akan dihadiri, sebagai salah satu bentuk penghormatan atas budaya yang ada.

"Hargai batik, tanda cinta ini dengan cara sesuaikan dengan acara yang akan dihadiri. Kalau kasual silakan padu-padankan, mungkin kalau laki-laki kemeja pendek dengan denim dan sneakers. Cuma jika memang acaranya formal yang mengharuskan orang pake pake jas, kenakan batik yang memang bahan sutra atau yang panjang, dan padankan dengan celana bahan dan sepatu formal," katanya.

"Jadi, silakan berkarya untuk memadu-padankan dengan baik, tapi harap hargai batik itu sendiri dan juga acaranya," pesan Yoland.
 

Topik Menarik