Jadi Magnet Wisata Baru, Kampung Seni Borobudur Ditarget Rampung Bulan Ini

Jadi Magnet Wisata Baru, Kampung Seni Borobudur Ditarget Rampung Bulan Ini

Terkini | okezone | Sabtu, 28 September 2024 - 12:04
share

KAMPUNG Seni Borobudur di Kujon, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang menurut rencana akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Oktober 2024 mendatang. 

Kampung seni yang nantinya bakal dilengkapi museum dan lahan parkir itu mulai dibangun akhir tahun 2023 dan ditargetkan rampung akhir September ini.

Kampung Seni Kujon ialah proyek strategis nasional yang tengah dikerjakan PT Brantas Abipraya (Persero), BUMN konstruksi dalam rangka mendukung destinasi super prioritas di Borobudur.

“Dibangun di atas lahan seluas 10,7 hektare, penataan Kampung Seni Kujon ini akan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti amphitheater (gelanggang terbuka untuk pertunjukan seni), museum, pasar seni cenderamata, kuliner, parkir, dan shuttle (fasilitas antar-jemput),” ungkap Direktur Operasi II Brantas Abipraya, Purnomo, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/9/2024).

(Foto: PT Brantas Abipraya)

Kampung Seni Borobudur merupakan proyek strategis nasional yang diluncurkan pemerintah pusat untuk mendukung pariwisata di kawasan Borobudur. Aktivitas penataan sudah dimulai sejak groundbreaking dilaksanakan pada November 2023 dan pembangunan kampung seni sudah rampung pada September ini.

Lebih lanjut Purnomo menjelaskan, sebagian area dari kampung seni ini nantinya digunakan sebagai area perdagangan, memuat semua pedagang yang semula berada di zona 2 dan area tersebut juga sebagai area parkir kendaraan pengunjung candi. 

"Selain itu, dalam kampung seni juga akan dibangun museum serta area pentas kesenian," imbuhnya.

Saat ini Kampung Seni Borobudur sudah mulai dioperasikan, dan para pelaku usaha atau pedagang sudah mulai berjualan pada area kios-kios yang telah dibangun. 

 

Adapun saat ini Kampung Seni Borobudur memasuki tahap pemeliharaan di mana terdapat beberapa defect (keadaan belum sempurna) atau saran dan keluhan dari pelaku usaha atau pedagang di beberapa area bangunan dan kawasan. 

Menyikapi hal itu, Brantas Abipraya akan terus merespons cepat dengan melaksanakan perbaikan-perbaikan serta pemeliharaan pada beberapa area bangunan dan kawasan, guna menyempurnakan hasil pekerjaan. 

Saat ini dalam proyek Kampung Seni Borobudur terdapat tim pemeliharaan dan pembersihan yang disiapkan dan senantiasa bersiaga di Kampung Seni Borobudur, sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan.

“Kami akan pastikan proyek penataan kawasan Borobudur ini nantinya akan memberikan kenyamanan dengan mewujudkan lingkungan Candi Borobudur nantinya lebih bersih dan tertata, juga lebih hijau, sehingga dapat menambah magnet wisata bagi turis lokal maupun mancanegara,” pungkasnya.

Topik Menarik