Sudah 9 Jam Mengudara, Pesawat Ini Malah Putar Balik ke Bandara Awal

Sudah 9 Jam Mengudara, Pesawat Ini Malah Putar Balik ke Bandara Awal

Berita Utama | okezone | Sabtu, 28 September 2024 - 08:35
share

PESAWAT American Airlines memutuskan putar balik kembali ke Bandara Dallas setelah sempat sembilan jam mengudara. Insiden tersebut diunggah dalam bentuk video di media sosial Instagram dan akhirnya menjadi viral. 

Yang menjadi masalah dalam insiden tersebut adalah pihak maskapai tidak memberitahu alasan Return to Base (RtB) hingga membuat seluruh penumpang kebingungan. 

Dalam unggahan video di Instagram tersebut diberi judul; 'American Airlines Memerlukan Pelajaran dalam Komunikasi yang Efektif'.

Postingan itu diunggah oleh Jimin Lee (41), yang mengungkap insiden paling misterius pada 7 September 2024 yang terjadi pada pesawat American Airlines dengan nomor penerbangan 281 rute Dallas, Texas menuju Seoul, Korea Selatan.

Lee bahkan menyertakan cuplikan layar (screenshot) sandaran kepala yang menggambarkan jalur penerbangan saat melakukan perjalanan melintasi Amerika Serikat dan sebagian Samudera Pasifik, sebelum akhirnya berbalik dan kembali lagi ke Texas tanpa alasan jelas.

 

“Santai saja dan nikmati sisa penerbangan kami,” terdengar seorang pramugari berkata melalui interkom. 

Lee menulis bahwa “jiwanya telah meninggalkannya,” pada saat itu. 

Masalah menjadi lebih buruk dan membingungkan, karena seluruh awak kabin bungkam tanpa memberi penjelasan alasan pesawat itu putar balik ke bandara awal.

"Satu-satunya penjelasan yang mereka berikan adalah pilot mengatakan sisi kanan kamar mandi tidak berfungsi,” kata Lee kepada The Post.

 

Setelah menimbulkan kebingungan banyak pihak, akhirnya pihak American Airlines memberikan klarifikasinya.

"Pada tanggal 7 September, American Airlines penerbangan 281 dengan layanan dari Dallas Fort Worth (DFW) ke Seoul (ICN) kembali ke DFW karena masalah pemeliharaan. Penerbangan mendarat dengan selamat dan tanpa insiden di DFW, dan pesawat dihentikan layanannya untuk diperiksa oleh tim pemeliharaan kami. Kami tidak ingin mengganggu rencana perjalanan pelanggan kami, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," jelas American Airlines dalam sebuah pernyataan.

 

Penerbangan tersebut akhirnya sampai kembali di Lone Star State sembilan jam setelah lepas landas, menurut Lee. Ia menuliskan bahwa ia sudah kehilangan kata-kata akibat insiden itu. 

Pihak maskapai menyediakan akomodasi untuk penumpang menginap semalam dekat Bandara DFW, sebelum dioper ke pesawat pengganti ke Korea yang akan berangkat keesokan harinya, 8 September 2024. 

Untungnya, penerbangan itu berjalan lancar dan penumpang mendarat di Bandara Seoul dengan selamat sesuai jadwal dengan pesawat pengganti.

Topik Menarik