3 Cara Ubah Gaya Hidup untuk Kurangi Risiko Kanker

3 Cara Ubah Gaya Hidup untuk Kurangi Risiko Kanker

Terkini | okezone | Jum'at, 20 September 2024 - 19:26
share

KANKER menjadi salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekira sepertiga hingga setengah dari kasus kanker dapat dicegah.

Jon Ebbert, M.D., Direktur Medis Pusat Ketergantungan Nikotin Mayo Clinic, menjelaskan bahwa tidak pernah ada kata terlambat untuk mengubah gaya hidup dalam upaya menurunkan risiko penyakit ini.

Melansir dari medicalxpress, Jumat (20/09/2024), tembakau, alkohol, dan obesitas adalah faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker, berikut penjelasnnya:

1. Tembakau

Tembakau yang dihisap sangat terkait dengan kanker di hampir setiap bagian tubuh. Dokter Ebbert menjelaskan, "Tembakau yang dihisap menghasilkan sekitar 7.000 bahan kimia, yang dapat menyebabkan perubahan pada sel dan memicu kanker."

Merokok juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih sulit bagi tubuh untuk melawan sel kanker. Menghindari semua bentuk tembakau adalah langkah terbaik untuk mengurangi risiko kanker.

“Tidak pernah ada kata terlambat untuk berhenti merokok, risiko kanker akan berkurang seiring waktu setelah Anda berhenti,” tambahnya.

 

2. Alkohol

Konsumsi alkohol juga meningkatkan risiko beberapa kanker, termasuk payudara, kepala dan leher, esofagus, hati, dan kolorektal.

“Setiap tingkat konsumsi alkohol memiliki risiko kanker, tetapi peminum berat dapat berisiko lebih tinggi,” kata dr. Ebbert. Oleh karena itu, membatasi konsumsi alkohol bisa menjadi langkah pencegahan yang efektif.

Topik Menarik