Ketika Hakim Gelar Persidangan Lapangan untuk Dalami Pembunuhan Pakis Malang 

Ketika Hakim Gelar Persidangan Lapangan untuk Dalami Pembunuhan Pakis Malang 

Terkini | okezone | Jum'at, 20 September 2024 - 14:57
share

MALANG - Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kepanjen Kabupaten Malang merekonstruksi kasus pembunuhan dan perampokan, yang terjadi ketika bulan Ramadan 2024 lalu. Proses rekonstruksi ini diistilahkan sebagai persidangan lapangan yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Nanang Dwi Kristanto.

Proses persidangan di lokasi kejadian Jalan Anggodo Gang 2 A Nomor 22 RT 3 RW 5 Dusun Wendit Timur, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, langsung dipimpin oleh ketua majelis hakim PN Kepanjen, pada Jumat pagi (20/9/2024).

Kedua terdakwa kakak beradik yakni Wakhid Hasyim (29) dan M. Iqbal Faisal Amir (28) juga dihadirkan selama sidang di lokasi kejadian. Ratusan warga sekitar lokasi kejadian juga terlihat mengikuti proses rekonstruksi atau sidang di tempat ini. Mereka juga sampai memberikan dukungan kepada kedua terdakwa yang dinilai tidak melakukan perbuatannya.

Proses persidangan di tempat kejadian perkara (TKP) berlangsung mulai pukul 09.34 WIB. Hakim juga memintai keterangan Ester Sri Purwaningsih (69) yang menjadi korban perampokan, yang menewaskan sang adik bernama Sri Agus Iswanto (60).

Pelaksanaan sidang diawali dengan pencocokan bukti fisik rumah Ester, mulai dari sisi jalan raya, area pagar masuk, pintu masuk rumah, hingga ruangan tempat di mana Agus Iswanto ditemukan tewas ditusuk oleh perampok.

Ketua Majelis Hakim Nanang juga menanyakan ke Ester perihal pintu rumah saat kejadian terbuka atau tertutup. Termasuk apakah ada perubahan denah dan desain rumah, ketika kejadian serta pascakejadian. Dar? keterangan korban terungkap bahwa, sebelum dan sesudah kejadian pintu rumah memang tertutup.

Nanang juga menanyakan setelah dari kamar bertemu dengan dua terdakwa itu di kamar depan itu, Ester apakah menuju ke lokasi kamar belakang tempat adiknya ditemukan tewas. Hakim juga menanyakan posisi pasti korban Sri Agus Iswanto saat ditemukan tewas dengan pisau tertancap di leher.

"Saya keluar, nggak jadi nolong adik, minta tolong orang, karena saya nggak tega dengar teriakan minta tolong adik, makanya saya nggak nolong adik, minta tolong ke luar," kata Ester Sri Purwaningsih, menjawab pertanyaan hakim.

 

Hakim juga menanyakan suara yang diingat oleh korban saat kejadian dengan suara terdakwa di persidangan pemeriksaan saksi sebelumnya, apakah sama atau tidak. Hasilnya jawaban korban memang tidak mengenali dan tidak ingat suara yang ada di waktu kejadian, dengan saat terdakwa menjalani persidangan, termasuk ketika kedua pelaku keluar rumah sebagaimana terlihat oleh korbannya, yang ternyata berpencar.

Bukti rekaman kamera CCTV di sekitar lokasi kejadian juga diperlihatkan ke korban. Total ada dua video rekaman kamera CCTV yang diputar. Video itu merupakan rekaman kamera CCTV yang terpasang di depan gang rumah TKP.

Namun bukti rekaman itu tidak merekam jelas aktivitas di depan rumah korban. Sebab jarak antara kamera CCTV dengan rumah korban sekitar 50 meter, dan mengarahnya terlalu ke selatan.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Anjar Rudi Admoko mengatakan, persidangan di lokasi kejadian ini sebenarnya merupakan permintaan dar? tim kuasa hukum dari terdakwa. Permintaan itu dikabulkan oleh hakim untuk mengecek persesuaian antara lokasi kejadian dengan yang terdapat di kamera CCTV.

"Penasihat hukum menyampaikan untuk mengecek lokasi terkait dengan CCTV, mencocokkan antara CCTV yang kami sita, yang dijadikan sebagai barang bukti dengan lokasi di TKP," ucap Anjar Rudi Admoko, usai persidangan di TKP, pada Jumat (20/9/2024).

Anjar menyatakan, dar? hasil barang bukti CCTV itu memang ada kesesuaian di lokasi kejadian, meski secara visual itu ada memang tidak terlihat jelas. Namun ada beberapa saksi yang mengaku melihat keberadaan kedua terdakwa ini.

 

"Kalau dari rekaman CCTV tidak terlihat, tapi pengakuannya mereka lewat di jalan situ," kata dia.

Sementara itu, kuasa hukum terdakwa Henru Purnomo mengatakan, ada beberapa hal baru yang disebut terungkap. Hal inilah makanya yang mencoba melakukan persidangan di tempat kejadian perkara (TKP).

"Ada beberapa hal yang belum terungkap di persidangan, terungkap di sini, dan itu akan saya jadikan sebagai bukti di persidangan pada saat pledoi," tukasnya.

Sebagai informasi, peristiwa perampokan menggemparkan warga Malang, pada Jumat 22 Maret 2024 malam, saat salat tarawih sekitar pukul 19.30 WIB. Pada peristiwa ini satu korban atas nama Sri Agus Iswanto (60), dinyatakan meninggal dunia tertusuk pisau di rumahnya, sedangkan satu korban lainnya kakak Agus yaitu Esther Sri Purwaningsih (69), mengalami luka lebam di wajahnya.

Peristiwa ini terungkap saat korban perempuan yang masih hidup atas nama Ester Sri Purwaningsih, yang juga bekerja sebagai suster gereja, berteriak minta tolong dan didengar oleh tetangga depan rumahnya. Tetangga lalu mendatangi rumah bernama istri Ketua RT, dan beberapa warga lainnya. Saat itulah kedua korban ditemukan sudah tergeletak.
 

Topik Menarik