Pengamat Bilang Pilkada Jakarta 2024 Bisa Dua Putaran

Pengamat Bilang Pilkada Jakarta 2024 Bisa Dua Putaran

Terkini | okezone | Jum'at, 20 September 2024 - 11:19
share

JAKARTA - Dalam rilis terbaru yang dikeluarkan Lembaga Survei Indonesia (LSI) soal calon gubernur dan calon wakil Gubernur yang akan berlaga di Pilkada Jakarta 2024, bakal calon gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil (RK) diminati 53,9 warga DKI Jakarta. 

Sementara itu, Pramono Anung ada diurutan kedua dengan 20,8 dan calon independen Dharma Pongrekun harus puas ada diurutan ketiga dengan raihan 3,3.

Terkait hal tersebut, pengamat politik Adi Prayitno mengatakan pasangan Pramono-Rano tetap memiliki peluang untuk membuat Pilkada Jakarta berlangsung dua putaran. Rano Karno, kata dia, menjadi kunci dalam peningkatan elektabilitas pasangan tersebut

"Itu artinya faktor Rano jadi pendongkrat suara Pramono. Apapun. Rano populer sejak lama dan corak kewibaannya lumayan kentara" ujarnya, Jumat (20/9/2024).

Adi Prayitno menambahkan, jika masih banyak PR yang harus dilakukan pasangan ini untuk meningkatkan elektabilitasnya dan target 2 putaran menjadi hal yang cukup rasional

"Harus kerja keras. Turun ke bawah dan yakinkan rakyat. Karena RK target satu putaran. Minimal bisa mencegah RK satu putaran itu rasional. Dan Pramono Anung dan Ridwan Kamil lolos putaran kedua. Di situ bisa tarung bebas untuk menang," ujarnya.

 

Di lain kesempatan, Pramono mengaku kaget akan hasil survei yang ia dapatkan. Dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024, Pramono mengaku memulai dari 0. Namun, baru beberapa hari melakukan sosialisasi, angka elektabilitasnya sudah mencapai 28,4 persen.

"Kan saya memulai dari 0 persen, baru seminggu belum ada sudah 28,4 persen, artinya apa? Publik memberikan dukungan yang luar biasa, saya sendiri memperkirakan saya mungkin masih belasan persen, eh ternyata udah 28,4 persen," kata Pramono di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu 18 September 2024, malam.

Sementara, Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK)-Suswono (RIDO) merajai elektabilitas Pilkada Jakarta 2024 dalam survei yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI). Merespons hasil tersebut, RK optimistis bisa menang satu putaran di Pilkada 2024.

"Ya optimis (menang satu putaran)," ucap RK di kawasan Jakarta Timur, Kamis 19 September 2024.

Dia menilai hasil survei sebagai pertanda kalau warga Jakarta yakin dengan program yang ditawarkan RIDO akan memberikan solusi untuk permasalahan warga. "Ya kita menunjukkan bahwa warga makin yakin, bahwa kita fokus pada solusi-solusi yang mudah dipahami karena orang Jakarta kan kritis-kritis dan rasional," sambungnya.

Topik Menarik