BMKG Klaim Aktif Sosialisasi Masyarakat Bakal Antisipasi Terjadinya Megathrust

BMKG Klaim Aktif Sosialisasi Masyarakat Bakal Antisipasi Terjadinya Megathrust

Nasional | okezone | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 05:51
share

JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menegaskan, pihaknya aktif melakukan sosialisasi soal kesiapan masyarakat untuk mengantisipasi adanya gempa Megathrust. 

Dikatakan Dwikorita, bersama dengan Badan penanggulangan daerah, LSM, perguruan tingi setempat, serta BRIN, BMKG terus menggencarkan sosialisasi. Salah satunya dengan mengadakan sekolah lapang gempa dan tsunami. 

"Kami sediakan game kesiapsiagaan gempa dan tsunami, itu ada permainan jaman kita anak-anak itu monopoli, kemudian ada lagu-lagu yang bisa diikuti oleh orang-orang dewasa juga, kita juga siapkan video-video dengan film kartun. Sosialisasi dengan audiovisual agar lebih mudah dimengerti," terangnya dalam acara One On One bertema "Gempa Megahrust Terdeteksi, Tak Bisa Diprediksi" yang disaksikan melalui kanal Youtube SINDOnews, Sabtu (24/8/2024).

 

Dwikorita milai, daripada meributkan perihal kapan akan terjadinya gempa megathrust ini, BMKG mengajak masyarakat untuk memeriksa rumah masing-masing apakah tahan akan gempa atau tidak. Selain itu, pemerintah daerah juga diajak untuk memeriksa perihal tata ruang yang saat ini ada. 

"Jadi lebih baik kita bersiap apabila terjadi gempa, jangan sapai memakan korban jiwa. Jadi sudah ada latihan-latihan untuk melindungi diri, menyelamatkan diri seperti itu," tutupnya. 
 

Topik Menarik