Jokowi: IKN Adalah Contoh Kota Masa Depan

Jokowi: IKN Adalah Contoh Kota Masa Depan

Nasional | okezone | Selasa, 13 Agustus 2024 - 10:10
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan contoh kota masa depan. IKN berkonsep forest city sehingga tetap menjaga ekosistem hutan.

"Saya Ingin menyampaikan bahwa IKN ini adalah contoh kota masa depan yang dibangun dengan rencana dan konsep untuk masa depan. Konsepnya forest city jadi kita hutan bukan kota beton," kata Jokowi dalam arahannya pada kepala daerah seluruh Indonesia di IKN, Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024).

Kepala Negara berharap, para kepala daerah dapat merencanakan dan mengkonsep kotanya untuk dijadikan kota seperti apa. Ia pun mencontohkan bahwa ada kota di California yang khusus untuk golf saja. Di sana memiliki 37 padang golf. 

Kemudian, lanjutnya, konsep kota di North Caroline ada kota yang khusus menjual mabel. Padahal Indonesia juga memiliki kota yang sama.

"Ini kita sebetulnya punya kekuatan besar Jepara Pak Bupati Jepara ada? Bisa dikonsep desain sejak awal. Meskipun tidak selesai mungkin dalam satu periode bupati atau dua periode bupati tetapi perencanaannya harus ada dan detail hingga matang," ungkapnya.

 

Jokowi menjelaskan bahwa konsep smart city seluruh aktivitasnya akan ditopang oleh teknologi. Sehingga diharapkan IKN dapat menjadi livable city atau kota yang nyaman untuk ditinggali.

"Sehingga ini akan menjadi livable city kota yang nyaman untuk ditinggali. Saya kira seluruh provinsi yang kita miliki seluruh kabupaten yang kita miliki seluruh kota yang kita miliki mestinya arahnya kesana," tandasnya.


 

Topik Menarik