Bandara IKN Akan Uji Coba Pendaratan Pesawat RJ-85

Bandara IKN Akan Uji Coba Pendaratan Pesawat RJ-85

Nasional | bandungraya.inews.id | Jum'at, 13 September 2024 - 08:40
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyampaikan perkembangan terkini mengenai kesiapan Bandara IKN yang telah diuji coba untuk pendaratan pesawat.

Hal itu disampaikan Basuki setelah pengarahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada pejabat TNI dan Polri di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (12/09/2024).

“Tadi pagi Pak Menhub sudah mendarat di sini dengan Cessna, sekarang sedang diupayakan untuk dicoba dengan RJ-85,” ucap Basuki.

Menurut laporan yang disampaikan kepada Presiden, kata Basuki, hasil uji coba pesawat Cessna menunjukkan bandara berada dalam kondisi baik. 

“Menurut pilotnya itu adalah bagus, jadi menggigit aspalnya yang dirasakan oleh pilot itu,” ujarnya.

 

Basuki mengatakan bahwa uji coba dengan pesawat RJ 85 dijadwalkan segera. Jika uji coba berjalan lancar, Bandara IKN akan siap digunakan untuk aktivitas Presiden di masa mendatang.

“Kalau ini nanti sudah, berarti Presiden akan beraktivitas di bandara ini,” sebutnya.

Dengan adanya uji coba ini, Bandara IKN semakin mendekati kesiapan penuh untuk mendukung operasional Ibu Kota Nusantara dan kegiatan kepresidenan di masa mendatang.

Topik Menarik