Pengambilan Api Obor Peparnas XVII 2024 Dilaksanakan di Api Abadi Mrapen Godong

Pengambilan Api Obor Peparnas XVII 2024 Dilaksanakan di Api Abadi Mrapen Godong

Olahraga | muria.inews.id | Sabtu, 28 September 2024 - 16:30
share

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Pengambilan api pertama torch relay atau pawai obor Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 Solo digelar di Api Abadi Mrapen, Godong, Sabtu (28/9/2024).

Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana yang menyalakan obor dari Api Abadi Mrapen di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Setelah itu, obor diserahkan kepada atlet catur asal Grobogan, Rahmat, didampingi oleh Bupati Grobogan, Sri Sumarni dan Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Grobogan, Sunar. 

Api dari obor tersebut digunakan Rahmat bersama Sunar untuk menyalakan kaldron yang berada di atas mobil. Yang kemudian mobil menuju Pendopo Kabupaten Boyolali.

Menurut Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana, pengambilan api ini menandai titik awal penyelenggaraan Peparnas XVII 2024 di Solo yang berlangsung mulai 6-13 Oktober 2024.

“Api Abadi Mrapen ini merupakan simbol pantang menyerah. Ini seperti sebuah semangat yang terus bergelora dan tak pernah padam,” kata Nana Sudjana

Ditambahkannya, masyarakat Jawa Tengah merasa terhormat karena dipercaya menjadi tuan rumah ajang multi olahraga ini. Seluruh panitia juga telah siap menyelenggarakan Peparnas XVII 2024.

“Kepercayaan untuk menggelar Peparnas XVII 2024 menjadi kebanggaan bagi kami, masyarakat Jawa Tengah. Secara umum, kami siap menggelar kegiatan multi olahraga tersebut ,” ujar Nana Sudjana.

Sementara Ketua Pelaksana Peparnas XVII 2024, D.B. Susanto, menekankan jejak sejarah yang mengiringi Api Abadi Mrapen. Berbagai hajatan besar yang pernah digelar Indonesia selalu bertautan dengan Api Abadi Mrapen.

Mulai dari gelaran multievent disabilitas internasional, sambung Susanto, seperti ASIAN Para Games 2018 serta ASEAN Para Games 2011 dan 2022 pengambilan apinya dari sumber api tersebut.

“Makna dari pengambilan api dari Mrapen ini memiliki sejarah yang panjang yang mengiringi jejak prestasi olahraga di Indonesia, kata Susanto.

Untuk itu Susanto berharap, semangat berkobar yang disimbolkan melalui Api Abadi Mrapen ini bisa ikut melecut motivasi para atlet yang bakal memperebutkan prestasi terbaik pada Peparnas XVII 2024.

“Pengambilan api ini menggambarkan semangat para atlet yang mengikuti kegiatan olahraga yag selalu berkobar tanpa mengenal keterbatasan,” tambah Susanto. (*)

Topik Menarik