Aklamasi, Perry Warjiyo kembali Jabat Ketua Umum ISEI Kali Ketiga

Aklamasi, Perry Warjiyo kembali Jabat Ketua Umum ISEI Kali Ketiga

Terkini | muria.inews.id | Sabtu, 21 September 2024 - 12:50
share

SOLO,iNewsMuria.id-Perry Warjiyo kembali memimpin Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk kali ketiga. Dalam Kongres ISEI XXII, Gubernur Bank Indonesia itu terpilih secara aklamasi dan ditetapkan sebagai ketua umum periode 2024-2029.

Kongres yang berlangsung 19-20 September 2024 di Solo dan mengangkat tema “Memperkuat Fondasi Transformasi Ekonomi dan Kebijakan Publik yang Inklusif dan Berkelanjutan” itu dibuka Presiden Joko Widodo.

Ada tiga hal penting yang menjadi rekomendasi kongres.Pertama, rreview atas pencapaian dan kemajuan ISEI hingga 2024 yaitu pertumbuhan organisasi yang saat ini memiliki 52 cabang di berbagai daerah dengan jumlah anggota lebih dari 13.227 orang.

Kedua, ISEI memperkuat kontribusi dalam memberikan rekomendasi kebijakan ekonomi melalui penyampaian kajian kebijakan publik dengan fokus pada akselerasi 
Transformasi Indonesia : Strategi Penguatan Hilirisasi Pangan.

Ketiga, penguatan tata kelola dan keberlanjutan kepemimpinan organisasi dengan menetapkan kembali Perry Warjiyo sebagai Ketua Umum.

Sementata itu dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan tiga hal penting yang perlu menjadi perhatian.

Pertama, perlunya strategi konkret dalam merencanakan langkah langkah taktis agar bisa diimplementasikan dan menjawab tantangan yang dihadapi ke 
depan.

Kedua, penguatan pasar tenaga kerja menimbang peluang bonus demografi 2030 di tengah penerapan otomasi yang tetap perlu dilaksanakan. Ketiga, penguatan hilirisasi Sumber Daya Alam (SDA) seperti nikel, bauksit, rumput laut, kopi, kakao, lada dan nilam untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. 

"ISEI diharapkan dapat mendukung pemerintah dalam merumuskan strategi penguatan ekonomi, terutama yang fokus pada penyerapan tenaga kerja melalui sektor padat karya yang berpotensi dalam meningkatkan 
kesejahteraan bangsa," kata Jokowi.(*)

Topik Menarik