BNI Konsisten Kolaborasikan Program UMKM Go Global

BNI Konsisten Kolaborasikan Program UMKM Go Global

Terkini | mnctrijaya | Rabu, 3 Juli 2024 - 11:13
share


Jakarta - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah penggerak utama ekonomi Indonesia. Harga yang relatif terjangkau menjadikan produk UMKM relevan dengan daya beli berbagai lapisan masyarakat.

Di sisi lain, UMKM membuka lapangan kerja baru bagi para tenaga kerja.

Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia melalui berbagai Lembaga Tinggi Negara terus memberikan dukungan bagi para UMKM agar dapat meningkatkan kapabilitas dan naik kelas.

Belum lama ini, KBRI Singapura, Kementerian Perdagangan, Bank Indonesia, Sarinah, serta didukung oleh KADIN dan Jakarta Fashion Week mengadakan Indonesia in SG - New Horizon of Sustainable Indonesia" di Ngee Ann City/Takashimaya, Orchard, Singapura. Pameran yang diadakan pada 17-21 April lalu tersebut dimeriahkan oleh berbagai UMKM Indonesia penghasil produk fashion dan aksesoris.

Selain itu, Bank Indonesia, KBRI Seoul, dan Kementerian Perdagangan juga berkolaborasi melalui penyelenggaraan Indonesia in Korea - Seoul Food & Hotel (SFH) 2024 di Kintex, Seoul, Korea Selatan, dari tanggal 11 hingga 14 Juni lalu. SFH merupakan pameran makanan terbesar di Korea Selatan yang menjadi platform strategis bagi para UKM Indonesia untuk menjangkau pasar global.

Melalui program Xpora, BNI turut mendukung penyelenggaraan acara-acara bertaraf internasional tersebut dengan mengirimkan UMKM terbaiknya untuk berpartisipasi.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga memberikan apresiasi terhadap upaya tersebut.

"Kementerian BUMN telah memberikan mandat kepada BNI untuk menjadi bank milik Indonesia yang Go Global. Memangnya sudah seharusnya BNI terus berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk pemerintah dan swasta untuk membuka jalan bagi UMKM kita agar bisa ekspor ke luar negeri," ujar Arya.

Arya juga mengatakan bahwa kualitas produk UMKM Indonesia semakin meningkat sehingga layak untuk bersaing di pasar global. Dukungan BNI pun sudah memadai bagi pelaku UMKM di Indonesia dan di luar negeri.

"Kalau di Indonesia, BNI menjadi salah satu bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan kredit dengan skema-skema lain bagi UMKM. Sedangkan untuk di luar negeri, BNI terus menggenjot penyaluran Diaspora Loan bagi para diaspora pengusaha di sana melalui Kantor Luar Negerinya," tutup Arya.

Topik Menarik