Tim Satops Patnal Kemenkumham Sulbar Geledah Kamar Hunian Lapas Mamasa

Tim Satops Patnal Kemenkumham Sulbar Geledah Kamar Hunian Lapas Mamasa

Terkini | mamuju.inews.id | Selasa, 24 September 2024 - 17:30
share

MAMASA, iNewsMamuju.id - Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat melakukan penggeledahan mendadak di Lapas Kelas III Mamasa. 

Penggeledahan yang berlangsung pada pukul 20.30 WITA Senin (23/9/2024) tersebut bertujuan untuk memastikan keamanan dan mencegah gangguan di dalam Lapas Mamasa, khususnya terkait peredaran HALINAR (Handphone, Pungli, dan Narkoba). Kepala Divisi Pemasyarakatan Sulbar turut hadir dalam kegiatan ini, didampingi oleh jajaran pegawai Lapas Kelas III Mamasa. 

Sebelum penggeledahan dimulai, dilaksanakan apel siaga pegawai di mana Kadivpas menekankan pentingnya integritas petugas pemasyarakatan. "Jangan menjadi pengkhianat dalam organisasi, kita harus menjaga nama baik instansi," tegasnya dalam arahan.

Seluruh pegawai Lapas Mamasa, termasuk pejabat, staf, dan petugas penjagaan, dilibatkan dalam kegiatan ini. Dua blok hunian menjadi sasaran penggeledahan, dengan kamar dipilih secara acak. 

Hasilnya, petugas tidak menemukan barang seperti Handphone dan Narkoba,  

Dalam kesempatan yang sama itu, juga dilakukan tes urine kepada 25 warga binaan, termasuk tahanan perempuan dan laki-laki. 

Dari hasil tes, seluruhnya dinyatakan negatif, menandakan tidak ada indikasi penggunaan narkoba di kalangan warga binaan.

Sementara itu, secara terpisah, Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, pamuji Raharja, mendukung pelaksanaan deteksi dini oleh Tim SATOPSPATNAL Kanwil Kemenkumham Sulbar. 

“Sebagai Wujud memastikan kondisi kondusif pada Satuan Kerja Lapas dan Rutan, perlu dilakukan operasi secara berkal oleh Tim Satopspatnal” ucap salah seorang Kakanwil unit wilayah di bawah kepemimpinan Menkumham, Supratman itu.

Topik Menarik