Israel Serang Iran, Suara Ledakan Terdengar di Teheran

Israel Serang Iran, Suara Ledakan Terdengar di Teheran

Berita Utama | inews | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 08:00
share

TEHERAN, iNews.id - Suara ledakan terdengar di Ibu Kota Teheran, Iran, serta wilayah di sekitarnya, Sabtu (26/10/2024), akibat serangan udara Pasukan Pertahanan Israel (IDF). 

Kantor berita Iran Fars melaporkan, suara ledakan keras salah satunya terdengar di dekat Ibu Kota Teheran. Belum ada laporan adanya korban dalam serangan tersebut.

Mengutip sumber keamanan Iran, Fars melaporkan suara ledakan itu berasal dari sistem pertahanan udara yang sedang bekerja.

Serangan dilakukan sejak Jumat hingga pergantian hari ke Sabtu. Sumber tersebut belum bisa memastikan target serangan itu.

IDF mengonfirmasi serangan tersebut dengan menyebut telah melancarkan serangan tepat sasaran terhadap target militer di Iran.

Gempuran itu dilakukan sebagai pembalasan atas serangan terus-menerus dari Iran pada 1 Oktober serta kelompok-kelompok proksinya terhadap Israel.

"Rezim di Iran dan proksinya di wilayah tersebut telah tanpa henti menyerang Israel sejak 7 Oktober - di tujuh front, termasuk serangan langsung dari tanah Iran," bunyi pernyataan IDF.

Iran menghujani Israel dengan sekitar 200 rudal pada 1 Oktober lalu, menargetkan dua pangkalan udara serta markas besar Mossad. Serangan Iran itu sebagai pembalasan atas terbunuhnya pemimpin Hamas Ismail Haniyeh pada 31 Juli serta pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah pada 27 September.

Haniyeh dibunuh di Teheran, Iran, saat mengikuti pelantikan presiden yang baru. Iran menganggap pembunuhan Haniyeh oleh Israel sebagai serangan terhadap kedaulatan negara.

Topik Menarik