Diam-Diam Bill Gates Dukung Kamala Harris di Pilpres AS, Sumbang Rp782 Miliar 

Diam-Diam Bill Gates Dukung Kamala Harris di Pilpres AS, Sumbang Rp782 Miliar 

Berita Utama | inews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 08:22
share

NEW YORK, iNews.id - Pendiri Microsoft Bll Gates ternyata mendukung calon presiden Amerika Serikat (Capres AS) dari Partai Demokrat, Kamala Harris. Dia bahkan menyumbang 50 juta dolar AS atau sekitar Rp782,5 miliar untuk memenangkan Harris dalam Pilpres AS 2024 yang berlangsung pada 5 November.

Ini merupakan kabar mengejutkan karena Gates tak terlibat dalam politik atau dukung-mendukung dalam pilpres AS sejak puluhan tahun.

Beberapa orang yang mengetahui kabar tersebut mengatakan kepada surat kabar The New York Times, Gates baru-baru ini mengatakan kepada kalangan terbatas telah menyumbang uang tersebut melalui organisasi nirlaba yang mendukung pencalonan Harris, Future Forward.

Future Forward merupakan organisasi penggalangan dana yang tidak mengungkapkan identitas donaturnya.
Dengan demikian, sumbangan Gates tersebut akan muncul dalam pengajuan publik.

Gates belum secara terbuka mendukung Harris, namun donasinya itu menunjukkan perubahan sikap yang signifikan. Pasalnya dia pernah mengatakan tak akan menyumbang kepada salah satu kandidat presiden.

Sumber itu mengatakan, dalam percakapan telepon kepada beberapa teman, Gates mengungkapkan kekhawatiran seperti apa jadinya AS jika dipimpin Donald Trump. Organisasi filantropi milik Gates, Bill & Melinda Gates Foundation, sangat khawatir mengenai kemungkinan pemangkasan dana pemerintah untuk program keluarga berencana dan kesehatan global jika Trump terpilih.

Meski demikian Gates juga menekankan dia siap bekerja sama dengan siapa pun presiden AS.

Gates sebenarnya tidak memiliki hubungan yang erat dengan Harris, namun memuji program pemerintahan Joe Biden-Harris dalam mengatasi perubahan iklim. 

Sementara itu di antara orang yang sudah dia beri tahu mengenai sumbangan tersebut adalah sahabatnya yang juga mantan Wali Kota New York, Mike Bloomberg.

Saat dikonfirmasi, Gates tidak secara eksplisit membahas donasi tersebut maupun mendukung Harris. Dia hanya menyampakan sikap netral.

“Saya mendukung kandidat yang menunjukkan komitmen yang jelas untuk meningkatkan perawatan kesehatan, mengurangi kemiskinan, dan memerangi perubahan iklim di AS dan seluruh dunia,” ujarnya.

Gates mengaku punya sejarah panjang dalam bekerja sama dengan para pemimpin di seluruh spektrum politik AS. Namun dia menekankan, pilpres AS kali ini berbeda yang dampaknya tak bisa dirasakan bagi warga AS, melainkan juga orang-orang paling rentan di seluruh dunia.

Topik Menarik