Rosan Roeslani Optimistis Kebut Investasi Hilirisasi Tambang hingga Perkebunan

Rosan Roeslani Optimistis Kebut Investasi Hilirisasi Tambang hingga Perkebunan

Terkini | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 19:51
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani memastikan hilirisasi sejumlah komoditas jadi fokus utama Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Adapun sektor ekonomi utama yang bakal di hilirisasi pemerintah di antaranya, pertambangan, perkebunan, hingga perikanan. Proses meningkatkan nilai tambah ini pun menjadi tanggung jawab Kementerian Investasi dan Hilirisasi.

Menurutnya, cakupan Kementerian Investasi dan Hilirisasi tidak terbatas hanya soal koordinasi dan pelayanan terkait penanaman modal saja, namun diperluas di aspek lainnya yang terkait hilirisasi komoditas. 

“Ya memang ini ada penambahan hilirisasi yang ruang lingkupnya sangat besar ya. Karena ruang lingkupnya ini yang ada pertambangan, perkebunan, perikanan,” ujar Rosan saat ditemui wartawan usai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/10/2024). 

Karena itu, program hilirisasi komoditas ekonomi bakal lebih besar atau luas lagi. Rosan menyebut, proses ini menjadi tanggung jawab yang berat, namun harus dieksekusi secara optimal. 

“Sehingga ini adalah tugas yang cukup besar yang diamanatkan kepada saya dan intinya adalah arahannya supaya lebih banyak hilirisasi yang dijalankan tidak hanya dipertambangan saja dan supaya ada nilai tambahnya,” ucapnya.

“Itu kita yang menikmati dan ujungnya adalah bagaimana peningkatan lapangan pekerjaan bisa terus tercipta,” tuturnya.

Topik Menarik