Baru Dilantik, Menlu Sugiono Langsung Wakili Indonesia di KTT BRICS Rusia

Baru Dilantik, Menlu Sugiono Langsung Wakili Indonesia di KTT BRICS Rusia

Terkini | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 18:16
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Indonesia akan mengirim perwakilan ke KTT BRICS yang berlangsung di Kazan, Rusia, pada 22-24 Oktober 2024. Tahun ini Rusia memegang tongkat kepemimpinan BRICS, singkatan dari lima negara anggota pertama, yakni Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia di Jakarta, dalam pernyataan kepada Sputnik, menyatakan Indonesia akan diwakili Menteri Luar Negeri (Menlu) Sugiono yang baru dilantik hari ini.

"Berdasarkan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia, delegasi pada pertemuan para pemimpin negara anggota BRICS, dalam format outreach/BRICS Plus, akan dipimpin Menlu Sugiono sebagai Wakil Khusus Presiden P Subianto," bunyi pernyataan Kedubes Rusia di Jakarta, Senin (21/10/2024).

Prabowo tak bisa menghadiri langsung KTT tersebut karena kesibukannya setelah dilantik sebagai presiden pada 20 Oktober lalu.

Menlu RI sebelumnya, Retno Marsudi, pada awal bulan ini juga mengatakan, Prabowo tidak bisa menghadiri KTT BRICS karena bentrok jadwal.

Sepanjang pekan ini Prabowo disibukkan dengan persiapan pemerintahannya, dimulai dengan melantik menteri dan wakil menteri serta pembekalan atau retreat kabinet di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, pada akhir pekan.

Sementara itu selama masa kepemimpinannya di BRICS tahun ini, Rusia akan fokus mempromosikan rangkaian kemitraan dan kerja sama pada tiga aspek utama, yakni politik dan keamanan, ekonomi dan keuangan, serta hubungan budaya dan kemanusiaan.

Topik Menarik