Cara Mengembalikan Dokumen yang Terhapus di HP Android

Cara Mengembalikan Dokumen yang Terhapus di HP Android

Terkini | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 16:01
share

JAKARTA, iNews.id - Cara mengembalikan dokumen yang terhapus di HP penting diketahui para pengguna. Mengingat, insiden menghapus dokumen penting tanpa sengaja bisa saja terjadi.

Tak dipungkiri sejumlah pengguna smartphone pernah menghapus beberapa file yang seharusnya tidak dihapus. Pada perangkat seperti laptop mengembalikan file yang terhapus cenderung mudah.

Pengguna laptop hanya perlu mengakses Recycle Bin dan Restore File yang telah dihapus. File-file akan muncul lagi seperti semula sebelum terhapus secara permanen. 

Namun, pemulihan data Android tidak semudah itu. Pasalnya, di smartphone tidak ada fitur seperti Recycle Bin yang menyimpan data hilang. 

Tapi Anda tidak usah khawatir. Pengguna smartphone Android bisa mengembalikan file yang dihapus di smartphone Android dengan langkah berikut ini, sebagaimana dikutip dari Tenor Share, Senin (21/10/2024).

Cara Mengembalikan Dokumen yang Terhapus di HP Android

Mengembalikan File Android yang Dihapus Menggunakan Aplikasi Android

UltraData for Android merupakan aplikasi recovery yang bisa membantu mengembalikan file terhapus secara tidak sengaja di smartphone Android. 

  1. Download dan install UltraData for Android di komputer, hubungkan ke perangkat Android dan pilih Recover More Data
  2. Software akan mulai memindai perangkat, select file yang ingin dipulihkan dan klik Next
  3. Preview file, dan klik Recover
  4. Anda akan mempunyai semua data yang terhapus dalam beberapa menit saja dan export file ke komputer atau perangkat


Cara Mengembalikan Dokumen yang Terhapus di HP dari SD Card

Jika kehilangan file dari SD Card, Anda bisa melakukan pemulihan dengan software 4DDiG for Windoes Data Recovery. Ini salah satu alat pemulihan data terbaik yang mengembalikan data yang hilang, termasuk pesan, kontak, foto, video, dan file penting lainnya dari Android.

Program ini terbukti menjadi yang terbaik saat ini karena tingkat pemulihannya yang tinggi. Ini panduan untuk melakukannya:

  1. Download dan install 4DDiG for Windows Data Recovery di komputer, hubungkan SD Card ke komputer, klik Start. Sekarang pilih lokasi jenis file yang dihapus dan klik scan
  2. Semua file yang dipulihkan akan ditampilkan usai pemindaian, sekarang select dan preview file yang diperlukan dan tap Recover
  3. Select tujuan penyimpanan di PC dan proses pemulihan file Android selesai. Data yang hilang akan disimpan di komputer Anda

Demikian cara mengembalikan dokumen yang terhapus di HP. Semoga membantu!

Topik Menarik