Giring Ganesha Duduki Kursi Wakil Menteri Kebudayaan

Giring Ganesha Duduki Kursi Wakil Menteri Kebudayaan

Gaya Hidup | inews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 22:26
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Prabowo Subianto telah mengumumkan menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih. Salah satunya artis dan politisi Giring Ganesha.

Mantan vokalis grup band Nidji ini menduduki wakil menteri kebudayaan. Giring tiba di Istana Negara sekitar pukul 19.40 WIB hadir dengan batik coklat.

Giring Ganesha merupakan seorang musisi yang terjun di dunia politik Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Beberapa waktu lalu dia mendatangi kediaman Prabowo Subianto, untuk memenuhi undangan panggilan sebagai calon wakil menteri dan kepala badan.

Giring Ganesha menjadi salah satu tokoh yang diundang Prabowo Subianto untuk datang ke kediamannya di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan sejak Senin (14/10/2024). 

Seperti apa sih Profil Giring dari kecil hingga menjadi politisi? Berikut rangkumannya dari berbagai berbagai sumber, Minggu (20/10/2024). 

Pemilik nama lengkap Giring Ganesha Djumaryo ini lahir di Jakarta pada 14 Juli 1983. Ayahnya, bernama Djumaryo Imam Muhni, merupakan seorang jurnalis foto di salah satu media. 

Saat SMA, Giring bersekolah di SMA Negeri 34 Jakarta dan masuk ke Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Paramadina pada 2002, namun cuti kuliah pada 2005.

Kemudian, dia kembali melanjutkan kuliah tahun 2017, dan tidak selesai. Akhirnya, pada 18 April 2023, Giring Ganesha resmi meraih gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dari Universitas Terbuka.

Giring mulai terjun ke dunia hiburan Tanah Air dan membangun band Nidji bersama Muhammad Ramadista Akbar (Rama), Andi Ariel Harsya (Ariel), Muhammad Andro Regantoro (Andro) dan Muhammad Adri Prakarsa (Adri). Band cukup populer dengan lagu-lagunya yang bagus. 

Nidji merilis album pertama bertajuk "Breakthru" pada 2006. Sejumlah lagu hit, mulai dari "Hapus Aku" hingga "Kau dan Aku" berhasil meledak di pasaran. 

Seiring berjalannya waktu, band ini juga diminta untuk mengisi soundtrack film. Salah satu yang paling ikonik adalah soundtrack untuk film "Laskar Pelangi". Selain itu, mereka juga pernah mengisi soundtrack film 5 CM, Supernova, Tenggelam Kapal Van Der Wijck, dan lainnya.

Selama berkarier, Giring melebarkan sayap ke dunia akting. Dia pernah membintangi beberapa judul film, seperti Sang Pencerah tahun 2010, Jiblal Traveler: Love Sparks in Korea tahun 2016, dan pengisi suara kartun Paddle Pop Lion dalam film animasi Paddle Pop Kombatei The Movie.

Di tengah puncak kariernya, Giring memutuskan untuk meninggalkan karier musik dan entertainment, dan terjun ke dunia politik. Ia memilih terjun ke dunia politik lantaran keinginannya memberikan kontribusi dirinya terhadap bangsa dan negara.

Dia ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada Agustus 2020. Aktif dalam partai PSI, Giring berhasil menang dalam Pemilihan Umum Legislatif DPR-RI tahun 2019 dengan mengantongi 47 ribu suara. Namun, kesempatan tersebut harus gagal karena PSI tidak menembus parlemen.

Giring juga pernah digadangkan akan mencalonkan diri di Pemilu 2024 sebagai kandidat calon presiden. Namun, dia mengurungkan kembali niatnya.

Kini, Giring terlihat lebih aktif berkiprah dalam dunia politik bersama partai PSI. Pada September 2023, dia dilantik sebagai Anggota Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan posisinya sebagai ketua umum digantikan oleh Kaesang Pangarep.

Dalam kehidupan pribadinya, Giring Ganesha menikahi Chintya Riza pada 2010. Giring menikah dengan Chintya yang merupakan janda beranak satu. 

Kebahagian pernikahan mereka semakin lengkap setelah dikaruniai tiga orang anak. Ketiga anak Giring dan Chintya bernama Aisha Amira Ganesha, Jasmina Aishwarya Ganesha, dan Abraham Zhafir Ganesha.

Topik Menarik